Pawai Nasi Adab Kembali Digelar dalam Rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-63 Kobar

MMC Kobar - Setelah 2 tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19, di hari jadi ke-63 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ini Pawai Nasi Adab kembali digelar. Pawai yang diikuti ribuan masyarakat dari berbagai lapisan ini mengambil rute utama jalan Antasari Pangkalan Bun. 

Secara resmi pawai ini dilepas oleh Penjabat (Pj) Bupati Anang Dirjo yang hadir didampingi oleh Forkopimda Kobar, Kamis (6/10). Dalam sambutannya Anang Dirjo menyampaikan jika pawai Nasi Adab ini dilaksanakan disamping sebagai sarana hiburan masyarakat, juga berperan sebagai media untuk menanamkan kesadaran kepada masyarakat khususnya geerasi muda untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal.

(Baca Juga : Dispar Kobar Gelar Pelatihan Tourism Skil Training)

“Kita patut bersyukur setelah 2 tahun pawai Nasi Adab tidak bisa dilaksanakan akibat pandemi, akhirnya kali ini kita melaksanakannya,” kata Anang Dirjo. Anang Dirjo juga mengajak masyarakat untuk mensyukuri karena Kobar diberi anugrah berupa potensi alam dan warisan sejarah beserta budayanya.

“Keragaman budaya ini merupakan kekayaan yang harus kita jaga dan lestarikan bersama,” ungkap Anang Dirjo.

Rute pawai Nasi Adab dimulai dari depan mako Kodim 1014/Pbn, kemudian melewati panggung kehormatan di depan rumah jabatan bupati dan berakhir di balai Sembaga Mas kelurahan Raja. 

Pawai Nasi Adab menjadi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Kobar. Namun sejak 2020 tidak dilaksanakan mengingat situasi penanganan Covid-19 pada saat itu.

Pada tahun 2022 ini, Pawai Nasi Adab bisa kembali digelar dan diikuti seluruh lapisan masyarakat. Antusias masyarakat maupun peserta pawai sangat tinggi. Berbagai atraksi ditampilkan peserta dalam pawai Nasi Adab tersebut. (rib/prokom kobar)