Patroli Pengawasan Objek Wisata, BPBD Kobar Imbau Pengunjung Terapkan Prokes

Personil BPBD Kobar membagikan masker kepada pengunjung di pintu masuk objek wisata Kamis (5/5)

MMC Kobar - Dalam rangka mencegah melonjak kembali bencana non alam, yaitu virus Covid-19, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan patroli di beberapa lokasi wisata, antara lain di area Pantai Kubu dan Pantai Keraya. Giat ini terlaksana sejak Hari Raya Idul Fitri 2022, Senin (2/5).

Di lokasi tersebut, personil BPBD Kobar memantau kondisi mulai dari kepatuhan pengunjung terhadap Protokol Kesehatan (Prokes), pengawasan pengunjung yang beraktivitas di pinggir pantai, hingga berkoordinasi dengan pemilik kapal wisata untuk kelengkapan keamanan penumpang kapal wisata.

(Baca Juga : Sosialisasi Dapodikdas, Tingkatkan Kualitas Data Pendidikan)

"Sudah berjalan mulai Senin, kegiatan patroli pengawasan objek wisata yang kami lakukan. Ini juga menindaklanjuti hasil rapat dengan BPBPK Provinsi beberapa waktu lalu, serta arahan Polri mengenai pengamanan selama libur lebaran agar seluruh masyarakat tetap aman dan nyaman," terang Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni.

Pengawasan kelengkapan alat keselamatan dan keamanan penumpang perahu wisata saat libur Lebaran.

Mengingat antusiasme masyarakat yang ingin berlibur sejak pembatasan akibat pandemi, Syahruni mengimbau kepada seluruh pengunjung untuk tetap menerapkan prokes. "Jangan sampai lalai dengan prokes, agar seluruh keluarga dan saudara tetap aman dari penyebaran covid, dan nyaman dalam berlibur," ungkapnya.

Selain mengingatkan mengenai prokes, tim yang bertugas juga memantau pengunjung yang berenang di tepi pantai serta berkoordinasi dengan beberapa pemilik kapal wisata. "Karena sedang ramai-ramainya, diharapkan keselamatan penumpang kapal bisa diperhatikan, seperti ketersediaan rompi pelampung dan kapasitas kapal," ujar Koordinator Regu I Harnafarin.

Pengamanan pengunjung ini, Personil BPBD Kobar juga berkoordinasi dengan beberapa personil dari TNI Polri, KSOP Kumai, Dishub, Polairud, Basarnas, dan pihak terkait lainnya yang pada saat itu berada di lokasi wisata. Patroli pengawasan ini masih akan dilaksanakan hingga Minggu (8/5). (bpbd kobar)

Personil BPBD Kobar berkoordinasi dengan tim Basarnas dalam pengawasan pengunjung objek wisata pantai