Pastikan Bebas dari Pungli, Satgas Saber Pungli Kobar Lakukan Monev Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Tim Satgas Saber Pungli Kobar sedang melakukan rapat monev program Pemulihan ekonomi Nasional dengan Kepala Dinas Sosial Kobar dan jajarannya. Kamis (08/09/2022)

MMC Kobar - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional di Kobar, Kamis (8/9). Tim satgas Saber Pungli Kobar melaksanakan monev ke beberapa OPD pengampu program tersebut.

Ketua tim L.K Sembiring menyampaikan bahwa ada 5 OPD yang di monev untuk saat ini. “Kami melaksanakan monev pertahap. Saat ini kami monev pada Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perindagkop UKM, Dinas Peternakan dan  Kesehatan Hewan dan Dinas Sosial,” ujar L.K Sembiring yang juga Kanit Tipikor di Polres Kobar.

(Baca Juga : Mewakili Bupati Kobar, Badan Kesbangpol Hadiri Pembukaan Rakorda DPD Partai Nasdem)

“Monev dilakukan pada program  penanganan Covid-19 yang dibagi pada kegiatan penanganan Bidang Kesehatan, Penyediaan Jaring Pengaman Sosial, Dukungan Industri dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” imbuhnya.

Ia juga menuturkan tujuan dari monev yang dilakukannya adalah untuk memastikan program kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik. “Kami ingin agar program program pemerintah terutama pemulihan ekonomi di Kobar dapat berjalan baik. Tepat sasaran, tepat waktunya tercapai tujuannya. Dan yang pasti bebas dari pungli,” tegasnya.

Tim Monev PEN Satgas Saber Pungli Kobar foto bersama di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kobar

Kepala Dinas Sosial Kobar, Muhammad Daoed menyambut baik tim Satgas Saber Pungli Kobar ikut mengawasi penyaluran bantuan sosial yang dilaksanakan.

“Dinas Sosial telah menyalurkan bantuan-bantuan sosial yang ditetapkan pemerintah. Seperti bantuan untuk PKH, BPNT, bantuan sembako dan terbaru adalah BLT BBM. Kami senang tim Satgas Saber Pungli hadir bersama untuk mengawasi kami. Kami sangat terbuka jika membutuhkan data-data yang diperlukan,” kata Muhammad Daoed saat menyambut kehadiran tim Monev Saber Pungli Kobar di aula Dinsos Kobar, Kamis (8/9).

Monev dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 5 s.d 9 September 2022. Tim mengunjungi OPD terkait dan meminta data-data yang terkait program pemulihan ekonomi nasional. Kemudian memberikan catatan-catatan dan masukan terkait kendala yang dihadapi.

Setelah itu akan dilakukan uji petik terhadap pelaksanaan program yang terpilih. Uji petik dilakukan dengan melaksanakan monev langsung penyaluran bantuan sembako dan BLT BBM di kantor Pos Pangkalan Bun.

Setelah selesai tim menyusun laporan yang akan disampaikan kepada Ketua Satgas Saber Pungli Kobar, Bupati Kotawaringin Barat dan Ketua Satgas Saber Pungli Provinsi Kalteng untuk ditindaklanjuti. (itda kobar)

Tim Satgas Saber Pungli saat mengecek langsung penyaluran bantuan sosial di Kantor Pos Pangkalan Bun