Pastikan Aman, BPBD Kobar Pantau Lokasi Rawan Banjir Genangan

Tim Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kobar pantau lokasi rawan genangan banjir di area pasar Indra Sari Rabu (16/2)

MMC Kobar - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi (RR) pada Rabu (16/2) kemarin melaksanakan pemeriksaan lokasi yang rawan terjadinya banjir genangan. Salah satu tempat yang dipantau adalah areal Pasar Indra Sari.

Pada lokasi tersebut pada Januari yang lalu terjadi banjir genangan yang mengakibatkan barang dagangan dan lapak para pedagang terendam. "Kondisi di pasar kami cek kembali, karena bulan lalu sempat terjadi banjir genangan. Lokasi rawan seperti ini akan kami pantau dan diupayakan agar tidak terjadi lagi," ungkap Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Nasir.

(Baca Juga : Pulihkan Ekonomi, Pemerintah Adakan Pasar Kuliner dan UMKM Badadapatan Kampung Kojo di Kecamatan Kumai)

Ia juga mengungkapkan jika pemantauan paska bencana selalu dilakukan sebagai bentuk penanggulangan dan pencegahan. "Diharapkan pada masyarakat khususnya pedagang yang berada di lokasi, dapat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah pada saluran air, juga kerja sama semua intansi terkait dalam pengawasannya," ungkap Nasir.

Selain memantau lokasi rawan banjir genangan, tim RR juga memantau lokasi rawan pohon tumbang di jl Sudirman. di area tersebut banyak ditemukan pohon - pohon yang sudah mati dan membahayakan khususnya pengguna jalan. "Nanti akan kita koordinasikan dengan pihak terkait karena pohon tersebut masih berdiri tegak walaupun sudah kering," ujarnya.

Diharapkan semua lapisan masyarakat tetap waspada karna cuaca saat ini tidak menentu bahkan tiba - tiba sangat ekstrim. Bila terjadi suatu kejadian Tim TRC siap 24 jam menindak lanjuti laporan dan melakukan penanganan "Bisa menghubungi kami melalui media sosial kami, juga bisa melalui contact person 081349032484 atau 085248663008," pungkasnya. (bpbd kobar)