Optimalkan Potensi Perikanan Wilayah Pesisir, Bupati Kobar Rapat Kerja dengan Pemerintahan Desa se-Kecamatan Kumai

MMC Kobar – Dalam rangka mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), maka Dinas Perikanan (Diskan) Kobar terus memenuhi kebutuhan masyarakat pesisir dalam bentuk penyediaan sarana dan prasarana usaha perikanan, baik perikanan tangkap, budidaya maupun pengolahan hasil perikanan. Hal ini diungkapkan Kepala Diskan Kobar Rusliansyah saat menghadiri kegiatan Rapat Kerja Perencanaan Pembangunan Desa/Kelurahan se-Kecamatan Kumai di Desa Sungai Bakau, Rabu (22/09).

“Pembangunan di kecamatan Kumai khususnya pada kawasan pesisir merupakan bagian prioritas pembangunan dan tidak terpisahkan dari program kegiatan dinas perikanan,” tutur Rusliansyah.

Rusliansyah juga menyampaikan bahwa sampai akhir tahun 2021 ini, pemenuhan misi 15.000 pice alat tangkap telah terealisasikan 14.482 pice alat tangkap berbagai jenis. “Dan pada tahun ini pemerintah kabupaten juga telah menganggarkan penyediaan kapal dibawah 5 GT dengan jumlah 62 unit armada kapal penangkapan ikan,” ungkapnya.

Dengan rapat kerja ini, lanjutnya, diharapkan akan terjadi integrasi perencanaan khusus wilayah pesisir dengan dinas teknis. “Dengan kolaborasi dan sinergi perencanaan maka akan tercipta pembangunan yang merata dan adil bagi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Kobar Hj Nurhidayah yang berkesempatan hadir, dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa kegiatan rapat kerja ini merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan perencanaan desa yang bermuara pada pelaksanaan program kegiatan yang tersinergi dan seirama dengan program RPJMD dan sinkronisasi dengan program kegiatan pemerintah daerah.

“Perencanaan pembangunan desa harus bersinergi dan terkoordinasi dengan program strategis RPJMD dan terelaborasi dengan kegiatan Nasional, sehingga tidak terjadi tumpang tindih kegiatan,” kata Hj Nurhidayah.

Kegiatan Raker yang digelar di Objek Hutan Wisata Mangrove Desa Sungai Bakau ini dihadiri juga dari kepala SOPD terkait serta jajaran perangkat Pemerintah se-Kecamatan Kumai hingga tingkat desa dan juga perwakilan tokoh masyrakat yang ada di wilayah pesisir. (manis,nita&razak/diskan)