Optimalisasi Fungsi Pusdalops-PB, BPBD Kobar Latih 30 Anggota TRC 

Personil Kodim 1014/Pbn memberikan arahan kepada personil TRC BPBD Kobar pada Pelatihan Fisik, Mental, dan Disiplin pada Kamis (27/6) lalu.

MMC Kobar – Sebanyak 30 anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti pelatihan fisik, mental, dan disiplin pada Rabu (26/6) dan Kamis (27/6) lalu. Kegiatan ini sebagai optimalisasi sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam fungsi Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB)

Pelatihan berlangsung dibawah bimbingan dari personil Kodim 1014/Pbn. Selama dua hari, personil dilatih untuk kembali memperkuat jiwa kebersamaan serta koordinasi antar personil. Kepala Pelaksana BPBD Kobar melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Martogi Siallagan mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi sarana untuk personil mempersiapkan fisik dan mental ketika nanti melaksanakan penanganan bencana.

(Baca Juga : Sinergisitas Polri, TNI, dan BIN Mampu Tangkal Gangguan Keamanan Idulfitri 1439H)

“Awal Juli hingga Agustus ini sudah mulai memasuki musim kemarau, personil tentu akan bersiaga 24 jam. Melalui pelatihan ini bisa dikatakan sebagai pemanasan personil ketika nanti bertugas menangani bencana, khususnya kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla),” ujar Martogi.

Personil TRC BPBD Kobar mengikuti materi Pelatihan Baris Berbaris di Halaman Kantor BPBD Kobar Kamis (27/6) lalu.

Martogi menambahkan jika kegiatan ini juga sebagai pemantapan SDM yang dibutuhkan sebagai tahap realisasi dan optimalisasi fungsi pokok Pusdalops-PB BPBD Kobar.

“Salah satu fungsi dari Pusdalops-PB yakni fungsi tanggap darurat sebagai fasilitator pengerahan sumber daya untuk penanganan bencana. Jadi pelatihan ini juga menjadi persiapan tim untuk mampu berkoordinasi secara cepat, efektif dan efisien,” terangnya.

Di hari pertama, personil melaksanakan jalan sehat sejauh 5 kilometer yang di mulai dengan rute Pos Komando BPBD, melewati Jalan Ahmad Wongso, Jalan Delima, Jalan Iskandar, Jalan Sutan Syahrir, Jalan Sudirman SH, Jalan Kasan Rejo, dan kembali ke Posko BPBD.

Hari kedua, personil mengikuti pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan giat pendukung lainnya. “Harapannya dengan pelatihan ini, personil TRC tetap semangat dalam melatih fisik, mental, dan kedisiplinan mereka sehari-hari. Karena penanganan bencana apapun membutuhkan kondisi prima,” harapnya.

Pada pelatihan ini, BPBD Kobar juga melibatkan tim medis sebagai tindak pencegahan dan memeriksa kondisi kesehatan tiap personil. “Untungnya, setelah di cek, kondisi semua personil aman untuk mengikuti kegiatan ini,” imbuhnya. (bpbd)