Nelayan di Sekitar Kawasan SM Lamandau Terima Bantuan Lifejacket

Perwakilan Nelayan Foto Bersama Bupati Pada Saat Penyerahan Lifejacket, Kamis (06/8).

MMC KOBAR Disela-sela kegiatan kunjungan kerja ke Suaka Margasatwa (SM) Lamandau, Bupati Kotawaringin Barat (Kobar, Hj Nurhidayah juga melakukan penyerahan bantuan sarana pendukung pada nelayan. Kali ini bantuan yang diserahkan berupa alat keselamatan pelampung (lifejacket) kepada nelayan yang melakukan penangkapan ikan di SM Lamandau, Kamis (6/8).

Bupati Hj Nurhidayah dalam keterangannya sangat berharap agar semua nelayan yang beroperasi di kawasan ini juga tidak mengesampingkan faktor keselamatan pada saat melakukan aktifitas penangkapan ikan di SM Lamandau. Hadir mendampingi Bupati Kadis Perikanan Rusliansyah yang ikut serta memberikan bantuan lifejacket secara simbolis.

(Baca Juga : Disperindagkop UKM Kobar Pastikan Stok Barang Kebutuhan Pokok Aman Jelang Nataru)

Lifejacket adalah salah satu peralatan sebagai standar keamanan dan keselamatan diatas kapal ataupun perahu/kelotok baik di laut maupun perairan umum seperti sungai. “Kami sangat menghargai dan mengapresiasi nelayan kecil yang mencari ikan di Sungai Lamandau dan sekitar kawasan Suaka Margasatwa Lamandau yang masih menggunakan alat tangkap tradisional dan ramah lingkungan,” kata Rusliansyah.

“Diharapkan semua nelayan agar tetap menjaga kelestarian alam terutama sumber daya alam sungai dengan tidak menangkap ikan menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti menggunakan racun, menggunakan alat setrum atau bahan lain yang dilarang sehingga akan merusak lingkungan sungai,” tambahnya.

Sementara itu para nelayan sangat mengapresiasi penyerahan bantuan ini, “Kami sangat senang atas pemberian lifejackect dan perhatian Bupati Kotawaringin Barat kepada nelayan kecil seperti kami yang mencari nafkah mengandalkan dengan menangkap ikan di Sungai Lamandau,” kata Thamrin, salah satu nelayan asal Desa Terantang yang menerima bantuan. (nita&razak/diskan)