Monitoring Progres Perekaman KTP-el, Komisi I DPRD Kalteng Kunjungi Kantor Disdukcapil Kobar

Pertemuan Plt Kadis Dukcapil Kobar beserta jajaran dengan Komisi I DPRD Kalteng, Kamis (21/7/2022)

MMC Kobar – Kamis (21/7) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menerima kunjungan kerja (kunker) DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Kunker ini dalam rangka monitoring ke beberapa tempat yang ada di wilayah Kobar, salah satunya di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kobar.

Rombongan terdiri dari 9 orang Komisi I DPRD dan 1 orang perwakilan Disdukcapil Provinsi Kalteng. Rombongan disambut langsung oleh Plt Kepala Disdukcapil Kobar beserta jajaran di aula Kantor Disdukcapil.

(Baca Juga : DKP Pantau Pasokan dan Cadangan Pangan Selama Ramadhan)

Pertemuan ini untuk membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan administrasi kependudukan (progres perekaman KTP-el/kartu keluarga/akta) dan pelaksanaan program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) yang ada di wilayah Kobar.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalteng dari Fraksi Gerindra, Kuwu Senilawati, menjelaskan bahwa kedatangan mereka ke Kobar untuk mengetahui sejauh mana progres perekaman KTP-el di Kobar. Karena pada tahun 2024 akan berlangsung pesta demokrasi dimana setiap warga memilih wakil rakyat maupun pemimpinnya jadi KTP-el diperlukan dalam pemilihan tersebut.

Plt. Kadisdukcapil Rody Iskandar menjelaskan pada Tim Komisi I DPRD Kalteng terkait pelayanan di Disdukcapil

“Terkait KTP Digital, saat ini masih belum dilaksanakan karena tidak semua masyarakat memiliki HP android, jadi otomatis pelayanan KTP fisik tetap dilaksanakan,” kata Kuwu.

Plt Kepala Disdukcapil Kobar, Rody Iskandar menjelaskan, salah satu strategi pencapaian target dalam perekaman KTP-el yakni dengan melakukan jemput bola atau pelayanan keliling di sekolah-sekolah dan desa/kelurahan.

“Kami juga melakukan peningkatan sarana dan prasarana serta sumber daya ASN dengan optimalisasi anggaran,” ujar Rody Iskandar.

Menurut Rody, dukungan dari Disdukcapil Provinsi Kalteng sangat diperlukan terutama dalam hibah peralatan untuk pelayanan administrasi kependudukan, dan juga tersedianya sarana pelayanan berupa mobil keliling yang dapat digunakan untuk jemput bola ke desa/kelurahan yang mengalami kesulitan akseskomunikasi dan transportasi.

“Serta dukungan fasilitasi dalam penyediaan blangko KTP-el dan KK secara berkesinambungan, sehingga masyarakat tidak menunggu lama dikarenakan kekosongan blangko tersebut,” imbuhnya.

Senada dengan Kepala Disdukcapil Kobar, Kuwu Senilawati juga mengharapkan kedepannya Disdukcapil Kobar diberikan sarana dan prasarana yang lebih baik lagi, sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal pada masyarakat. (dsy/diskominfo kobar)

Petugas pelayanan publik yang ada di front office Disdukcapil Kobar.