Monev Program Kesehatan Lingkungan, Dinkes Undang Kepala Puskesmas se-Kobar

MMC Kobar - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Kesehatan Lingkungan Tahun 2020 di Kabupaten Kotawaringin Barat di aula Dinkes pada Selasa (6/4). Monitoring dan Evaluasi Program Kesehatan Lingkungan merupakan tempat bertukar pikiran dan sharing untung menemukan solusi untuk pencapaian target pada Tahun 2021.

Peserta pertemuan ini sebanyak 38 orang yang terdiri dari kepala puskesmas dan sanitarian/penangung jawab program kesehatan lingkungan puskesmas se-Kabupaten Kobar. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kobar dari Seksi Kesehatan lingkungan Mulyadi dan Dortua Lince Sidabalok, S.KM, M.KM dan dari Forum Kabupaten Kobar Sehat, M. Safwan.

Kepala Dinkes Kobar melalui Sekretaris Arif Susanto mengatakan bahwa kesehatan lingkungan ini merupakan satu dari 4 faktor yang mempunyai subtansi besar dalam menentukan derajat kesehatan pada masyarakat. Disisi lain ada faktor lingkungan, faktor perilaku, faktor geneitka dan faktor pelayanan kesehatan.

“Apabila empat faktor tersebut bisa di atas bisa diatasi, dalam hal ini bisa menciptakan situasi menjadi lebih baik, maka derajat kesehatan di masyarakat akan tercapai,” ujar Arif.

“Saya kira upaya pemerintah sudah sangat gencar pada saat ini bagaimana pemerintah sudah meningkatkan tatanan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam hal ini kesehatan lingkungan mempunyai pengaruh yang besar untuk mendapat derajat kesehatan yang baik,” tandasnya. (dinkeskobar/irawan)