Meriahkan HUT Kobar Ke-59, DPKH Gelar Lomba Cipta Menu dari Itik

Bupati Kobar Hj Nurhidayah setelah menyerahkan piala kepada para pemenang lomba, Rabu (10/10). (DPKH)

MMC KOBAR - Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ke-59, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kobar menggelar lomba cipta menu pangan olahan hasil ternak berbahan baku itik se-Kabupaten Kobar di area Pangkalan Bun Park, Rabu (10/10) pagi.

Menurut Kepala DPKH Kobar Ida Pandanwangi, lomba ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi produk hasil ternak dengan lebih bervariatif yang akhirnya akan mendorong peningkatan populasi dan produksi ternak di Kabupaten Kobar.   

(Baca Juga : Upaya Respon Cepat Penanganan Karhutla, BPBD Kobar Adakan Kegiatan Pembinaan dan Pembentukan MPA)

Para peserta sangat antusias mengikuti lomba, terbukti tidak ada peserta yang hadir terlambat ataupun mengundurkan diri. Dari jumlah peserta yang mendaftar, untuk tahun ini hanya diambil sebanyak 59 peserta melalui proses seleksi oleh panitia. Jumlah peserta tersebut menunjukkan HUT Kobar ke-59 pada tahun ini. Peserta lomba dibagi menjadi 2 kategori, yakni dari organisasi sebanyak 25 peserta dan 34 peserta dari kategori umum.   

Setelah pengumuman hasil lomba yang dibacakan oleh panitia, Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyerahkan secara langsung piala bagi para pemenang lomba. Untuk kategori organisasi, juara 1 diraih oleh Dinas Perkim, selanjutnya juara 2 dan 3 diraih oleh TP-PKK Kelurahan Raja dan TP-PKK Kecamatan Pangkalan Banteng. Sedangkan kategori umum juara 1, 2 dan 3 berturut-turut diraih oleh Noryani, Hotel Andika dan Utin Mariatul Kiptiah. Selain itu, juga diberikan penilaian untuk juara harapan 1, 2 dan 3 dari masing-masing kategori.

Para pemenang lomba, selain mendapatkan piala juga diberikan hadiah menarik dan piagam penghargaan. Bupati Kobar Hj Nurhidayah berharap pada penyelenggaran lomba tahun berikutnya dapat dilakukan lebih meriah dengan melibatkan jumlah peserta lebih banyak lagi.

Lomba ini bukan hanya meriah dikarenakan panitia membagi-bagikan doorprize dan sesi tanya jawab seputar kesehatan hewan dan produk makanan yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal), panitia juga melakukan penggalangan dana untuk korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah dengan cara melelang masakan dari para juara lomba, dari hasil lelang itu terkumpul dana sebesar Rp 20 juta. (DPKH)