Meriahkan Hari Jadi ke-64 Kobar, Festival Batang Arut Kembali Digelar

MMC Kobar - Masuk dalam Kalender Event Kotawaringin Barat (Kobar) Tahun 2023, Dinas Pariwisata melalui Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan kembali Festival Batang Arut 2023. Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-64 Kabupaten Kobar, setelah beberapa tahun terhenti karena Pandemi Covid-19.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang menghadirkan berbagai bentuk lomba, tahun ini tampil dengan menyelenggarakan lomba kelotok hias, lomba foto on the spot serta atraksi puncak yang melibatkan masyarakat. Hal ini sebagai tanda apresiasi kepada pelestari budaya bahari di daerah aliran sungai arut yang menjadi urat nadi dan pusat awal perekonomian Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : Usai Dilantik, Bupati Kobar Minta Kades Teluk Bogam dan Sungai Cabang Segera Susun RPJMDes)

Festival Batang Arut 2023 dilaksanakan selama satu hari pada Minggu (15/10) dengan lokasi lomba dimulai dari area PT Korindo Aria Bima Sari dan berakhir di Waterfront City Kelurahan Mendawai. Kegiatan lomba kelotok hias diikuti oleh 21 peserta dari berbagai kalangan instansi dan untuk lomba foto on the spot diikuti oleh 52 peserta.

Selain peserta lomba Festival Batang Arut ini dihadiri juga oleh Pj Bupati Kobar Budi Santosa. Dalam sambutannya Budi Santoso menyampaikan, event ini akan diselenggarakan rutin setiap tahunnya dalam rangka mengenang dan menghidupkan kembali keemasan daerah aliran Sungai Arut yang merupakan penggerak ekonomi, sosial dan budaya di Pangkalan Bun.

Sementara itu dalam laporannya, Plt Kepala Dinas Pariwisata Edie Faganti menyampaikan harapan dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya lomba kelotok hias pada Festival Batang Arut 2023.

“Terima kasih untuk semua peserta yang telah berpartisipasi dalam lomba kelotok hias yang secaara langsung maupun tidak langsung membantu geliat ekonomi bagi masyarakat di Sungai Arut dan sekitarnya,“ ujar Edie.

Dengan diselenggarakan Festival Batang Arut ini diharapkan dapat melestarikan kearifan lokal daerah aliran Sungai Arut serta dapat menarik minat pengunjung untuk mendukung pariwisata dengan membeli produk- produk lokal yang dimiliki pelaku ekonomi kreatif. (dispar kobar)

Salam Pesona Indonesia, Bangga Berwisata Di Indonesia Saja