Menkominfo Ajak Mastel Kembangkan Ekosistem TIK Indonesia

Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) untuk mengembangkan ekosistem TIK di Indonesia.  Rudiantara meyakini peran Mastel sebagai stakeholder pemerintah berperan penting dalam pengembangan TIK yang berorientasi untuk kepentingan masyarakat. 

“Kominfo tidak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan Mastel sebagai salah satu stakeholder, oleh karenanya, kerjasama antara pemerintah dalam hal ini Kemkominfo dengan Mastel senantiasa diharapkan agar terus mengembangkan ekosistem-ekosistem Indonesia untuk juga mendorong TIK yang berkualitas baik,” jelas Rudiantara saat menghadiri Digital Inovation Festival dalam rangka perayaan 25 tahun di The Telkom Hub Auditorium Tower, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

(Baca Juga : Monumen Palagan Sambi Dikelola Pemkab Kobar )

Rudiantara menyebutkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen untuk terus bekerjasama dengan seluruh stakeholder yang memiliki misi yang sama guna mewujudkan Indonesia yang mengglobal melalui pemanfaatan teknologi untuk turut mengembangkan ekonomi digital di Indonesia.

Rudiantara dalam pemaparannya sebagai Keynote Speaker mengucapkan selamat ulang tahun kepada Mastel yang selama ini menjadi mitra pemerintah khususnya dengan Kemkominfo melalui program-program di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Acara itu jadi ajang pemberian penghargaan kepada pengurus, anggota Mastel dan stakeholder yang berkiprah di lembaga nirlaba tersebut.

“Selamat ulang tahun buat Mastel, 25 tahun bukan waktu yang pendek, kita harus mempunyai optimisme, saya yakin Mastel akan tetap menjadi mitra pemerintah yang senantiasa juga mau mendistruksi ekosistem. Saya melihat selama perjalanan 3 sampai 4 tahun ini, Mastel juga mendistruksikan dirinya,” kata Rudiantara

Menteri Rudiantara mengatakan Musyawarah Nasional (Munas) yang diselenggarakan Mastel merupakan bagian dari refleksi organisasi yang akan terus mengawal perkembangan isu-isu yang terjadi kedepannya, lebih khusus di bidang TIK.

“Hasil Munas Mastel yang terakhir ini juga terefleksi dari susunan organisasi kemudian bagaimana Mastel akan mengupgrade isu-isu perkembangan yang akan terjadi kedepannya. Insya Allah Mastel akan tetap eksis dalam artian akan memberikan andil dalam perkembangan TIK di era digital saat ini,” kata Rudiantara 

Masyarakat Telematika Indonesia atau yang disebut Mastel merupakan salah satu lembaga nirlaba di Indonesia yang didirikan pada tanggal 1 Desember 1993, Mastel merupakan wadah bagi seluruh pemangku kepentingan di bidang teknologi informasi, komunikasi dan penyiaran yang terdiri dari pelaku usaha, organisasi, asosiasi dan profesional.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada pengurus, anggota Mastel dan para stakeholder yang merupakan mitra terbaik Mastel. Beberapa stakeholder yang menerima penghargaan tersebut diantaranya BRI, Bukalapak, Crowde, Tanihub dan beberapa lainnya. **