Menhub RI Lakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Kobar

Menhub RI melakukan peninjauan di Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Selasa (19/03) - dishub kobar

MMC Kobar - Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI), Budi Karya Sumadi pada Selasa (19/3) siang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan fasilitas dan layanan yang ada di Bandar Udara (Bandara) Iskandar Pangkalan Bun. Selain itu, Menhub RI melakukan dialog langsung dengan calon penumpang di Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

(Baca Juga : Kinerja Pelaksanaan APBN Regional Lingkup Wilayah Kerja KPPN Pangkalan Bun s.d. 30 November 2023)

Selanjutnya, Menhub RI bersama rombongan melakukan peninjauan langsung Pelabuhan Penyeberangan Kumai yang berada di Tempenek, Kumai Hulu. Saat berada di Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Menhub RI mendorong agar dapat memaksimalkan pemanfaat Pelabuhan Penyeberangan Kumai.

Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (TSDP) Kemenhub RI saat meninjau Pelabuhan Penyeberangan Kumai.

"Perlunya peningkatan sarana dan prasarana untuk mendukung konektivitas di Pelabuhan Penyeberangan Kumai ini. Dengan didukungnya penambahan sarana di Pelabuhan Penyeberangan Kumai, diharapkan dapat membuka konektivitas serta memacu pertumbuhan ekonomi," kata Menhub.

Sebelumnya, Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) Kemenhub RI, Lilik Handoyo lebih dulu tiba pada Selasa (19/03) pagi di Pelabuhan Penyeberangan Kumai dan melakukan diskusi dengan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kobar, Kepala BPTD Kalimantan Tengah, Kepala KSOP Kumai, Kepala UPT Pelabuhan Penyeberangan Kumai, serta beberapa pihak lainnya.

Dalam diskusi tersebut, Kepala Dishub Kobar dengan didampingi Kepala UPT Pelabuhan Penyeberangan Kumai menjelaskan tentang kondisi saat ini Pelabuhan Penyeberangan Kumai. 

Kepala Dishub Kobar, Amir Hadi menyampaikan bahwa Pelabuhan Penyeberangan Kumai saat ini hanya memiliki 1 rute pelayaran yakni dengan KMP Kalibodri yang mengangkut penumpang dan kendaraan dengan tujuan Pelabuhan Kendal, Jawa Tengah.

Kepala UPT Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Didik Widiyanto menyampaikan beberapa hal salah satunya tentang kondisi fasilitas dan layanan yang ada di Pelabuhan Penyeberangan Kumai. (vgs/dishubkobar)

Menhub RI saat meninjau di Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Selasa (19/03) - dishub kobar