Melalui Gerakan Pemanfaatan Pekarangan, DKP Kobar Bagikan Bibit Tanaman Gratis

Kepala DKP Kobar Ir. Kris Budi Hastuti saat menyerahkan bibit tanaman gratis kepada warga masyarakat Kobar, Jumat (7/5)

MMC Kobar - Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan keluarga dan ketersedian sumber pangan yang cukup di masa pandemi Covid-19, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotawaringin Barat (Kobar) menyalurkan bantuan bibit tanaman gratis kepada warga masyarakat Pangkalan Bun melalui ‘Gerakan Pemanfaatan Pekarangan’ pada Jumat (7/5).

Kegiatan ;Gerakan Pemanfaatan Pekarangan’ ini digelar untuk mendukung percepatan penganekaragaman konsumsi pangan dan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan melalui penyaluran bantuan bibit tanaman gratis. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2021 tentang Pangan pada pasal 60 yang mengamanatkan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal guna mewujudkan hidup sehat, aktif dan produktif. Serta wujud dari Peraturan Pemerintah  Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan gizi dimana pasal 26 mengamanatkan bahwa upaya penganekaragaman pangan salah satunya dilakukan  melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan.

(Baca Juga : Pemerintah Perkuat Sektor Kesehatan pada RKP 2021)

Kepala DKP Kobar Kris Budi Hastuti dalam keterangannya di sela-sela kegiatan mengharapkan bantuan bibit tanaman gratis ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan keluarga di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Saya berharap bantuan bibit tanaman gratis ini dapat membantu warga masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangannya secara optimal sebagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan keluarga melalui pemenuhan pangan dan gizi, serta dapat dijadikan sebagai salah satu sumber tambahan pendapatan keluarga," imbuhnya.

Gerakan Pemanfaatan Pekarangan ini disambut antusias warga masyarakat Pangkalan Bun yang terdiri dari ASN, organisasi masyarakat dan perorangan yang hadir. Hal ini dilihat dari jumlah bibit tanaman antara lain bibit cabe, tomat dan terong sebanyak 2.000 batang habis yang habis kurang dari 2 jam. (dkp kobar)