Logistik Pemilu Mulai Didistribusikan Ke-6 Kecamatan di Kobar

Petugas KPU mulai mendistribusikan Logistik Pemilu ke Kecamatan Kotawaringin Lama dan Kecamatan Arut Utara pada Minggu (14/04/2019). (humas diskominfo kobar)

MMC Kobar -  Komisi Pemilihan Umum Daerah  (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat mulai mendistribusikan logistik Pemilu keenam Kecamatan Se Kobar, Minggu (14/4). Pengiriman awal untuk Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) dan Kecamatan Arut Utara mengingat kedua Kecamatan itu yang paling jauh.

Ketua KPU Kobar Chaidir menjelaskan pengiriman logistik ke Kecamatan di kawal ketat oleh Kepolisian, Kesbangpol, juga di awasi oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) juga pihak KPU sehingga pendistribusian dijamin aman sampai titik pendistribusian logistik.

(Baca Juga : BPBD dan RAPI Wilayah-03 Kobar Teken MoU Penyelanggaraan, Pencegahan dan Penanggulangan Bencana)

"Total kotak suara yang kita distribusikan sebanyak 4.226 kotak suara, dimana pengiriman logistik Pemilu tahap awal untuk Kecamatan Kotawaringin Lama dan Arut Utara karena memang kedua Kecamatan itu paling jauh, dan kendala pengiriman logistik pun yang hadapi pada pengiriman ke Kacamatan Kotawaringin Lama dimana saat ini berjalan pembangunan jembatan Pile Slab maka pengiriman untuk Kecamatan Kotawaringin Lama harus mutar melalui Kabupaten Lamandau," jelas Chaidir, Minggu (14/4).

Chaidir juga menambahkan pengiriman logistik selanjutnya yakni Senin (15/4) untuk tiga Kecamatan yakni Kecamatan Pangkalan Banteng, Pangkalan Lada dan Kumai. Dan pada hari Selasa (16/4) pendistribusian logistik untuk Kecamatan Arut Selatan.

"Kecamatan Arut Selatan memang kita distribusikan terakhir karena sebagian besar ada dalam kota Pangkalan Bun hanya beberapa Desa saja yang agak jauh dari kota tapi itu bukan menjadi kendala bagi kami," ujar Chaidir.

Sedangkan untuk Kecamatan Kumai menurut Chaidir ada beberapa Desa yang harus ditempuh melalui jalur laut yakni desa Sungai Cabang, Teluk Pulai, dimana pengirimannya menggunakan speedboat.

“Untuk kedua desa yang ada di Kecamatan Kumai yakni desa Teluk Pulai dan Sungai Cabang akan menggunakan speedboat mengingat kondisi cuaca kadang berubah-ubah maka pengiriman akan dilakukan pukul 07.00 wib saat kondisi air laut tenang,” imbuhnya. (humas diskominfo kobar)