Lantik Kades Terpilih, Pj Bupati Budi Santosa Ingatkan Falsafah Ki Hajar Dewantara

MMC Kobar -Pemilihan Kepala Desa serentak Kabupaten Kotawaringin Barat tahun 2023 telah usai dilaksanakan. Sebanyak 36 Kades terpilih hasil Pilkades Serentak dan 5 Kades hasil Pilkades Antar Waktu mengikuti prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan yang  dipimpin langsung oleh Pj Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa, Senin (11/12).

Pada kegiatan yang  berlangsung di Aula Antakusuma Pangkalan Bun Park tersebut, Budi Santosa berpesan agar kades terpilih menerapkan falsafah Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani (11/12). 

(Baca Juga : Belajar Pengelolaan Perikanan yang Berkelanjutan, Diskan Kobar Lakukan Kaji Terap Rumah Ikan di BBPI Semarang)

“Kepala Desa selaku pimpinan di di desa harus menjadi suri tauladan dan panutan, mampu menjadi penggugah dan penggerak semangat membangun desa, serta mampu memberi dorongan dan menggerakkan partisipasi masyarakat desa,” ucapnya.

Lebih lanjut lagi Budi juga mengingatkan agar kepala desa terpilih menjalankan amanah masyarakat dengan sebaik-sebaiknya, membangun komunikasi kepada calon kepala desa yang kalah, menjaga kondusifitas desa, selalu berkoordinasi kepada camat sebagai kunci keberhasilan desa. 

Selain itu, memasuki masa kampanye Pemilu tahun 2024, Pj Bupati juga berpesan untuk senantiasa menjaga netralitas aparatur pemerintah desa dan tidak berpolitik praktis, menjalankan tugas dengan selurus-lurusnya dan sebaik-baiknya untuk kemajuan desa tercinta.