Kunjungan Tim Disperindagkop UKM Kabupaten Pulang Pisau ke Disperindagkop UKM Kobar

Tim Disperindagkop UKM Kabupaten Pulang Pisau saat berkunjung ke kantor Disperindagkop UKM Kobar, Senin (9/11).

MMC Kobar – Tim Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Pulang Pisau berkunjung ke kantor Disperindagkop UKM Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Senin (9/11). Rombongan yang berjumlah sebanyak 5 orang ini disambut langsung oleh Kepala Dinas Muhammad Yadi dan kepala bidang beserta kepala seksi dan staf di Bidang Perindustrian.

"Kita akan mengembangkan kemampuan pelaku dan produk industri kecil dan menengah (IKM) di Kabupaten Pulang Pisau, sehingga kita perlu belajar banyak dari daerah-daerah lain untuk mempersiapkannya. Ya, salah satu tujuan kunjungan dalam hal pembelajaran kami ialah Kabupaten Kotawaringin Barat ini," kata Kepala Bidang Perindustrian Disperindagkop UKM Kabupaten Pulang Pisau, Dewi Srirejeki saat menyampaikan tujuan kedatangannya.

(Baca Juga : Hasil UN SMP, Dikbud Kobar: Mutu Pendidikan di Kobar Meningkat)

Agenda utama dari kunjungan kerja ini menurut Dewi berkaitan dengan sistem pengembangan IKM. Hal ini dikarenakan telah berdirinya Sentra IKM di Kabupaten Kobar yang terletak di Desa Sungai Kapitan dan Kelurahan Kumai Hilir, Kecamatan Kumai.

Menurut Muhammad Yadi, selama ini Disperingakop UKM Kobar selalu memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan ikm di Kabupaten Kobar. Banyak kegiatan yang telah dilakukan oleh Disperindagkop UKM Kobar, diantaranya pelaksanaan bimtek/pelatihan, pemberian bantuan peralatan produksi, sertifikasi halal, pameran dan sebagainya.

“Hal ini tidak lain sebagai wujud pengembangan IKM agar memiliki keunggulan komparatif dan daya saing baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Muhammad Yadi.

Kegiatan kunjungan belajar ini berlangsung selama 2 hari. Dan pada hari kedua, Selasa (10/11) Tim dari Diperindagkop UKM Kabupaten Pulang Pisau didampingi oleh Aditya Ferry Subiyantoro, selaku Analis Industri dari Disperindagkop UKM Kabupaten Kobar berkunjung langsung di rumah produksi pelaku IKM di Kecamatan Kumai. Diantaranya adalah Syarifah Salmah, Mase Rachman dan Salbiah Abuk.

“Diharapkan kunjungan langsung di rumah produksi dan berdiskusi dengan pelaku IKM secara langsung dapat menambah business knowledge and skills terkait pengelolaan bisnis secara teknis dan juga menceritakan kendala dan permasalahan yang dihadapi selama menjalankan bisnis tersebut,” ujar Aditya.

“Sehingga ke depan para ASN di Bidang Perindustrian Disperindagkopukm Kabupaten Pulang Pisau telah memiliki tambahan bekal wawasan, ide, gagasan dan inovasi untuk memberikan pendampingan dan pembinaan secara penuh kepada pelaku ikm yang sudah ada maupun pelaku ikm baru di Kabupaten Pulang Pisau,” tutupnya. (disperindagkop ukm kobar)