Kunjungan Kerja Tim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit ke Kesbangpol Kobar

Kepala Badan Kesbangpol Kobar, Edie Faganti didampingi Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Mustawan Lutfi saat menerima kunjungan dari Tim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit , Selasa (24/08/2021)

MMC Kobar - Pada Selasa (24/8) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Edie Faganti, didampingi Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik, Mustawan Lutfi, menerima kunjungan kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit di ruang kerja Kepala Badan Kesbangpol Kobar.

Edie Faganti mengungkapkan bahwa tujuan dari kunjungan Tim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit untuk memberikan Sosialisasi Layanan Eazy Passport. Dengan layanan ini, kata Edie, kelompok masyarakat bisa mengajukan permohonan paspor secara kolektif untuk perkantoran pemerintah/TNI/Polri/BUMN/BUMD/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi.

(Baca Juga : Sebaran Pasien Positif Covid-19 di Kobar Meluas)

“Pemohon yang ingin mendapatkan layanan Eazy Passport tersebut cukup mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi terdekat dan mendaftarkan peserta secara kolektif,” tutur Edie.

Lebih lanjut Edie menjelaskan, petugas akan melakukan survei terkait protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 dan terkait sarana prasana untuk mendukung operasional perangkat mobile passport di tempat yang akan dilaksanakan layanan Eazy Passport.

“Apabila protokol dan sarana prasarana kurang lengkap maka akan kami lengkapi, kemudian kami akan mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan sesuai jadwal dan kami layani proses pembuatan paspor di tempat itu juga tentu dengan dokumen persyaratan yang lengkap, tidak perlu ke kantor Imigrasi,” terangnya.

Layanan Eazy Passport, sambung Edie, hanya melayani Permohonan Paspor Baru dan Penggantian Paspor Habis Masa Berlaku dan halaman penuh. “Untuk pelayanan penggantian Paspor karena hilang/rusak diarahkan untuk datang langsung ke Kantor Imigrasi guna mengikuti prosedur pemeriksaan,” imbuhnya.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas kegiatan Tim Pemantuan Orang Asing (Timpora) Kobar kedepannya, terutama di tahun 2022. “Harapannya sinergitas antara Kesbangpol Kobar dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit dapat lebih ditingkatkan lagi, sehingga orang asing yang berada di Wilayah Kobar dapat terpantau dengan baik keberadaannya,”pungkas Edie.

Dalam pertemuan tersebut Kepala Badan Kesbangpol Kobar menyambut baik kedatangan jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit dan siap mendukung Layanan Eazy Passport di wilayah Kobar serta dukungan Kesbangpol Kobar dalam pertukaran informasi intelijen terkait keberadaan orang asing di wilayah Kobar. (kesbangpol kobar)