Kobar Masuk Nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2020

Bupati Kobar Hj. Nuhidayah menghadiri verifikasi dan wawancara proses penyusunan RKPD Kabupaten Kotawaringin Barat di Aula Bappeda, Jum'at (14/2).

MMC Kobar - Sejak tahun 2011 kementerian PPN/BAPPENAS secara rutin memberikan Anugrah Pangripta Nusantara kepada Pemerintah Daerah yang telah melakukan perencanaan pembangunan terbaik dan pada tahun 2018 penghargaan tersebut berubah nama menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

Penghargaan ini lebih komprehensif dengan mempertimbangkan mulai dari perencanaan sampai pencapaian target-target pembangunan daerah.

(Baca Juga : Hadapi Dampak Pandemi Covid-19 dan Musim Kemarau, DKP Kobar Tingkatkan Kesiapan Cadangan Pangan )

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) terpilih sebagai salah satu nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2020 di tingkat Provinsi Kalteng pada tahap I.

Pada Jumat (14/2) bertempat di aula Bappeda, diadakan pelaksanaan penilaian tahap I oleh tim Penilai dari Provinsi Kalteng dengan metode verifikasi dan wawancara terhadap proses penyusunan RKPD, yang meliputi aspek pencapaian pembangunan, kuantitas dokumen RKPD, proses penyusunan dokumen RKPD dan inovasi.

Verifikasi dan wawancara proses penyusunan RKPD Kabupaten Kotawaringin Barat dihadiri oleh Bupati Hj Nurhidayah, Wakil Bupati Ahmadi Riansyah, Anggota DPR RI Bambang Purwanto, Ketua Tim Penilai Lukman Al Hakim, serta unsur pimpian SKPD di lingkungan Pemkab Kobar.

“Kita harus optimis dan harapan untuk Kotawaringin Barat bisa memperolah penilaian yang baik dikarenakan berdasarkan data capaian pertumbuhan ekonomi yang bertumbuh tiap tahun diangka 6,8% (tahun 2018), indeks pembangunan manusia naik 72,28, indeks Gini naik 0,306 % di tahun 2018 serta angka kemiskinan yang turun menjadi 4,27% pada tahun 2018,“ kata Hj Nurhidayah.

Demikian pula gerakan-gerakan promosi wisata dan giat pada setiap kelurahan memberikan warna tersendiri dalam proses mengupayakan pembangunan di wilayah Kotawaringin Barat, sejalan dengan visi dan misi kepemimpinan bersama.

Hj Nurhidayah juga berharap para ASN Pemkab Kobar untuk berpartisipasi secara aktif sampai selesai dan dapat memberikan informasi kepada tim penilai selama proses verifikasi dan wawancara, serta bersama sama terus berupaya membangun Kotawaringin Barat bersama masyarakat dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas untuk kesejahteraan masyarakat. (prokom kobar)