Jelang Libur Lebaran, Dishub Kobar bersama Satlantas Survei Ruas Jalan Menuju Bugam Raya

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan bersama Personel Satlantas Polres Kobar melakukan survei di ruas jalan yang berada di Desa Sungai Bakau, Kamis (14/04).

MMC Kobar - Menjelang libur lebaran beberapa hari kedepan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Satlantas Polres Kobar pada Kamis (14/04) melakukan survei di ruas jalan menuju tempat wisata Bugam Raya Kecamatan Kumai. Survei ini dilakukan dalam rangka mengecek kondisi dan perlengkapan jalan menuju tempat wisata Bugam Raya tersebut.

Pada saat libur lebaran setiap tahunnya tempat wisata Bugam Raya selalu dipadati pengunjung, baik masyarakat asal Kobar hingga masyarakan dari luar Kobar. Namun sudah 2 kali lebaran sebelumnya semenjak pandemi Covid-19, masyarakat tidak diperbolehkan untuk beraktivitas liburan di kawasan wisata Bugam Raya.

(Baca Juga : Pj Bupati Budi Santosa Serahkan Penghargaan TABBE Award pada Insan Penggerak Pertanian Tahun 2023)

Kepala Dishub Kobar, Amir Hadi menyikapi kondisi saat ini bahwa pandemi Covid-19 di Kobar sudah terkendali dan diprediksi akan terjadinya lonjakan pengunjung di tempat-tempat wisata saat libur lebaran dan cuti bersama.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan bersama Personel Satlantas Polres Kobar mengecek kondisi jalan yang rusak diruas jalan Kumai - Bugam Raya, Kamis (14/04)

“Mengingat kondisi pandemi di Kobar sudah terkendali dan pemerintah pusat telah memperbolehkan mudik, tidak menutup kemungkinan antusiasme masyarakat untuk liburan ketempat wisata seperti Bugam Raya akan ramai pengunjung nantinya,” ujar Amir Hadi.

Merespon hal tersebut, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Kobar, Nur Soleh beserta tim survei bersama Personel Satlantas Polres Kobar melakukan survei kondisi jalan dan perlengkapan jalan di ruas jalan Kumai menuju kawasan wisata Bugam Raya.

“Saat melakukan survei ditemukan beberapa titik jalan berlubang dan rusak dengan kedalaman lubang lebih kurang 10 hingga 20 centimeter. Tentunya lubang tersebut sangat membahayakan pengguna jalan terutama pengendara roda 2,” ungkap Nur Soleh.

“Selain itu di ruas jalan di Desa Sungai Bakau, terdapat semak-semak yang tumbuh pada bahu jalan sehingga bahu jalan tersebut tertutup serta mempersempit ruang jalan dan sangat membahayakan kendaraan roda 4 atau lebih saat berpapasan,” tambahnya.

Hasil survei tersebut, lanjut Nur Sholeh, akan dijadikan sebagai bahan rapat koordinasi bersama beberapa instansi untuk mencari solusi bersama agar masyarakat yang berwisata ke kawasan Bugam Raya saat libur lebaran nantinya dapat berjalan aman, lancar dan selamat. (vgs/dishub Kobar)

Personel Satlantas Polres Kobar mengukur kedalaman lubang pada jalan yang rusak di ruas jalan Kumai - Bugam Raya, Kamis (14/04)