Kobar Jadi Kabupaten Pertama di Kalteng Laksanakan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Bupati Hj Nurhidayah dan Wabup Ahmadi Riansyah bersama salah satu anak yang telah divaksinasi Covid-19 pada Kick Off Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun yang digelar di Aula Bupati.

MMC Kobar - Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah melaksanakan kick off dimulainya vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Dengan demikian Kobar menjadi kabupaten pertama di Kalimantan Tengah yang telah memulai melaksanakan vaksinasi bagi anak di usia ini.

Hal ini sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/6688/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Anak Usia 6 Sampai 11 Tahun. Sesuai keputusan tersebut, vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun dimulai dengan pelaksanaan kick off pada kabupaten/kota yang telah mencapai cakupan >70% untuk vaksinasi dosis pertama dan cakupan vaksinasi pada kelompok lanjut usia mencapai >60%. 

(Baca Juga : Ekspose, Bentuk Quality Assurance Hasil Pengawasan Inspektorat Kobar)

Pada kick off yang dilaksanakan pada Jumat (17/12) ini, Bupati Hj Nurhidayah mengungkapkan sasaran penerima vaksin bagi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Kobar sebanyak 25.000 anak. Vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak ini dilaksanakan serentak di 6 kecamatan dan dimonitor langsung secara virtual oleh Hj Nurhidayah dari aula kantor bupati.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyampaikan kegiatan vaksinasi akan terus berjalan dalam beberapa bulan ke depan sehingga herd immunity mencapai target. “Vaksinasi ini menjadi modal kita untuk mendukung pembelajaran tatap muka, tetapi bukan sebagai syarat untuk pembelajaran tatap muka. Hal  ini agar menjadi pemahaman bersama dan mohon dukungan dari semua pihak agar proses vaksinasi ini berjalan dengan baik dan lancar,” katanya. 

Hj Nurhidayah berharap dengan vaksinasi, maka anak-anak bisa lebih terjamin untuk tidak tertular virus Covid-19, khususnya ketika mereka melakukan proses belajar mengajar di sekolah secara langsung.

“Saya berharap vaksinasi ini berjalan sesuai dengan yang direncanakan, yaitu mencapai target dari waktu yang telah ditetapkan. Dan kepada masyarakat agar tetap optimis dengan vaksinasi untuk anak-anak karena ini bagian dari pemenuhan hak kesehatan anak,” imbuhnya. (prokom kobar)