Kemenperin dan Komisi VII DPR RI bersama Disperindagkop UKM Kobar Gelar Seminar Kreatif Menjadi Wirausaha Industri

Seminar kreatif menjadi wirausaha industri

MMC Kobar - Industri Kecil dan Menengah (IKM) merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam hal perluasan kesempatan berusaha, meningkatkan taraf ekonomi dan peluang pekerjaan hingga ke pelosok daerah. Sehingga pengetahuan pengembangan usaha serta memotivasi peserta untuk menjadi wirausaha industri serta memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang strategi menjadi wirausaha baru industri di bidang aneka, kimia, sandang dan kerajinan.

Untuk mendukung hal tersebut, Kementrian Perindustrian dan Komisi VII DPR RI bersama Disperindagkop UKM Kobar mengadakan Seminar Kreatif Menjadi Wirausaha Industri. 

(Baca Juga : KPU Kobar Gelar Konser Musik Pembukaan Masa Kampanye Terbuka)

Kegiatan yang dilaksanakan di Agrowisata Koperai Tani Subur, Desa Pangkalan Tiga pada Jumat (26/05) ini diikuti sebanyak 160 orang peserta dari Kabupaten Kobar.

Acara ini dihadiri oleh anggota DPR RI Komisi VII Mukhtarudin, Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Dini Hanggandari, Kabid Perindustrian Dinas Perindagkop UKM Kobar Dadang Tri Prasetyo. 

Seminar ini menghadirkan narasumber dari BRI Arif dan Rektor Universitas STEKOM Semarang Joseph Teguh Santoso.

Mewakili Kepala Dinas Perindagkop UKM Kobar, Kabid Perindustrian Dadang berharap agar seminar ini mampu memberikan pengetahuan dan meningkatkan motivasi bagi para peserta untuk menjadi pelaku usaha industri yang mandiri dan kompeten.

“Sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memperluas lapangan kerja, dan kesempatan berusaha serta menggalakkan iklim yang sehat dalam berusaha bagi pelaku ekonomi,” tutur Dadang.

Pelaku IKM, lanjut Dadang, diharapkan mampu jadi penggerak utama dalam pembangunan ekonomi keluarga serta menjadi pengusaha kecil yang tangguh di masa yang akan datang.

Sementara itu Dini Hanggandari mengatakan, dalam menghadapi perubahan era digital dan persaingan bisnis yang semakin ketat, para pelaku IKM perlu meningkatkan pemahaman dan keterampilan.

“Peningkatan pemahaman dan keterampilan tersebut bisa dalam hal kreativitas, mulai dari ide produk hingga kepada pemasaran produknya,” ujar Dini.

Anggota DPR RI Komisi VII Mukhtarudin berharap pemerintah daerah untuk menguatkan indsutri dan wirausaha yang ada di Kabupaten Kobar.

“Kita dorong pemerintah daerah untuk penguatan industri dan wirausaha yang menjadi tanggung jawab kami yang ada di pemerintahan. Ini menjadi kekuatan kita untuk membangun Indonesia yang lebih besar dan lebih maju,” tutur Mukhtarudin.

Dalam seminar yang berlangsung selama 1 hari ini akan dilakukan pembekalan materi yang terdiri dari permodalan bagi pelaku industri mikro dan kecil, program kebijakan penumbuhan wirausaha industri pemerintah daerah Kabupaten Kobar, berpikir kreatif menjadi wirausaha industri hingga pemasaran melalui digital marketing. (disperindagkop ukm kobar)