Kegiatan Posbindu PTM di Desa Pangkalan Tiga Kecamatan Pangkalan Lada

MMC Kobar - Puskesmas Induk Kecamatan Pangkalan Lada melaksanakan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) yang ditangani langsung oleh penanggungjawab program PTM dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular.

“Kegiatan Posbindu PTM di Desa Pangkalan Tiga Kecamatan Pangkalan Lada dilaksanakan pada hari Sabtu (3/7/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19, baik petugas medis maupun masyarakat yang datang untuk memeriksa kesehatan,” ucap Camat Pangkalan Lada, Robby Setiawan.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Serahkan LKPD Unaudited TA 2020 kepada BPK-RI Perwakilan Kalteng Secara Virtual)

Yang menjadi kosentrasi pelayanan dalam program Posbindu PTM, lanjut Robby, yakni penyakit tidak menular seperti Diabetes Melitus atau kita kenal penyakit gula, Hipertensi atau Darah tinggi, penyakit jantung.

“Memang penyakit yang saya sebutkan tadi jika tidak dicegah sedini mungkin dapat mengakibatkan strok bahkan kematian. Untuk itu kami selaku penangungjawab program ini sangat mengharapkan masyarakat dapat selalu memeriksakan dirinya dipusat pelayanan kesehatan terdekat guna mencegahnya,” ucap Robby.

“Apalagi dimasa pandemi Covid-19 para penderita penyakit yang menjadi fokus penahanan dan pencegahan melalui program Posbindu PTM ini sangat rentah tertular Covid-19 bahkan sampai bisa menyebabkan kematian,” tandasnya. (sigit/kec-pangkalan lada)