Kaji Banding Dishub Sukamara ke UPUBKB Dishub Kobar

Kepala Seksi Pengujian Sarana Dishub Kobar, Dwi Wijaya saat menerima kunjungan Dishub Sukamara, Rabu (2/12).

MMC Kobar - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukamara melakukan kaji banding atau studi banding ke Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Dishub Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu (2/12).

Kaji banding yang dilakukan Dishub Sukamara di UPUBKB Dishub Kobar yakni terkait teknis pelaksanaan uji berkala kendaraan bermotor dengan sistem Bukti Layanan Uji Elektronik (BLUE). Uji berkala kendaraan bermotor dengan sistem bukti layanan uji elektronik sudah diterapkan Dishub Kobar sejak bulan Mei lalu. Sistem bukti layanan uji elektronik pada kendaraan bemotor yang saat ini diterpakan oleh Dishub Kobar tidak lagi menggunakan Buku Uji melainkan sudah menggunakan kartu uji kendaraan.

(Baca Juga : Para ASN di Lingkungan Pemkab Kobar Mulai Kembali Gelar Apel)

Kepala Seksi Pengujian Sarana Dishub Kobar, Dwi Wijaya menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kedatangan tim kaji banding dari Dishub Sukamara sekaligus kegiatan ini untuk berbagi informasi terkait layanan uji berkala kendaraan bermotoror dengan BLUE.

“Pada bulan tanggal 23 november lalu UPUBKB Dishub Kobar sudah melaksanakan kalibrasi pada alat uji kendaraan bermotor yang secara langsung di kalibrasi oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) melalu Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Kalimantan Tengah. Kegiatan kalibrasi ini untuk mengukur keakuratan dan fungsi alat uji kendaraan bermotor dengan standar nasional,” ujar Dwi Wijaya.

Sebelumnya Dishub Sukamara menyampaikan surat permohonan untuk melakukan kaji banding di UPUBKB Dishub Kobar. Didalam surat tersebut disampaikan bahwa saat ini Dishub Sukamara telah melakukan kalibrasi alat uji dan sedang mengajukan integrasi Bukti Layanan Uji Elektronik (BLUE) serta mengajukan akreditasi ke Dirjen Hubdat Kemenhub RI.

“Dari 10 alat uji kendaraan bermotor yang ada di UPUBKB Dishub Kobar semuanya akurat dan berfungsi dengan baik sesuai dengan standar nasional serta dinyatakan lulus uji kalibrasi oleh Dirjen Hubdat Kemenhub RI,” ungkap Dwi Wijaya.

Sementara itu Kepala Dishub Kobar, Fitriyana menyampaikan bahwa pihaknya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Dishub Sukamara yang hadir secara langsung Kepala Dishub Sukamara didalam rombongan kegiatan kaji banding di UPUBKB Dishub Kobar.

“Saat ini UPUBKB Dishub Kobar sudah memiliki akreditasi dari Dirjen Hubdat Kemenhub RI dan sedang melakukan pengajuan perpanjangan akreditasi. Semua alat uji kendaraan bermotor sudah sesuai dengan standar nasional dan sistem uji berkala kendaraan bermotor juga sudah terintegrasi dengan Dirjen Hubdat Kemenhub RI,” pungkas Fitriyana. (dishub kobar