K3S Wadah Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah SD

Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah sekaligus pengukuhan Pengurus Kelompok Kerja Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang berlangsung di Kecamatan Pangkalan Banteng, Senin (17/9). (Joy/Rahmi)

MMC KOBAR - Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) yang berlangsung di Kecamatan Pangkalan Banteng pada Senin (17/9), merupakan kegiatan rutin setiap bulan dengan bahasan permasalahan sekolah dan cara penyelesaianya, selain itu juga dilakukan pembahasan mengenai tenaga didik dan peserta didik. Sasaran kegiatan K3S adalah semua Kepala Sekolah Dasar Negeri/Swasta, MIN/MIS di wilayah Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kecamatan.

Peranan K3S terhadap sekolah sendiri adalah untuk menyamakan persepsi, merekomendasikan hal-hal yang telah disepakati dan sebagai penanggungjawab Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam melaksanakan program kerja KKG. Sedangkan Dinas Dikbud berperan untuk memotivasi setiap kegiatan K3S, memfasilitasikan kegiatan-kegiatan yang diprogramkan K3S, melakukan pembinaan dan mengawasi setiap kegiatan K3S serta mengevaluasi program-program kerja yang dibuat dan dilaksanakan K3S.

(Baca Juga : Jalin Silaturahmi Antar Anggota, DWP RSSI Pangkalan Bun Adakan Family Gathering )

Pada kegiatan ini juga sekaligus dilakukan pengukuhan Kelompok Kerja Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (K2PKB) oleh Kepala Disdikbud  Kabupaten Kotawaringin Barat Rosihan Pribadi. K2PKB ini mempunyai tugas, mengorganisir semua guru-guru yang telah bersertifikasi, yang mendapat tunjangan profesi untuk bersama-sama melaksanakan peningkatan kompetensi keprofesian melalui diklat, bimtek dan lainnya serta melaksanakan study visit dalam pengembangan wawasan, kompetensi serta sebagai referensi. (Joy/Rahmi)