Juara I Selekda Tingkat Provinsi, Peserta Dari Kobar Ikuti Seleknas ASC XIII di BBPLK Serang

Kepala Dinas Nakertrans Kab. Kobar Drs. H. Gusti Nur Aini, M.Si dan Kabid Lattas Rahmad Trisdijanto, S.Pd, M.Si berfoto bersama Andrean Pengestu peserta Seleknas ASC XIII asal Kobar. (disnakertrans kobar)

MMC Kobar - Dalam Upaya meningkatkan kualitas SDM yang unggul dan kompeten, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mengirimkan peserta dalam ajang Seleknas Calon Kompetitor  ASEAN Skills Competition (ASC) XIII Tahun 2019.

Seleknas Calon Kompetitor ini dilaksanakan di Aula Pertemuan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang Provinsi Banten pada tanggal 12-16 Agustus 2019.

(Baca Juga : 40 Aparat Desa/Kelurahan di Kecamatan Kumai Ikuti Bimtek KIP dan Pengelolaan Opini Publik)

Kabupaten Kobar patut berbangga Sebagai Juara/peringkat I Selekda di tingkat Provinsi untuk bidang Electrical Installations yang mempunyai nilai di atas Passing Grid. Dan oleh Panitia Nasional telah menetapkan Kabupaten Kobar yang mewakili Provinsi Kalimatan Tengah di ajang tersebut yakni atas nama Andrean Pangestu Alumni SMKN 2 Pangkalan Bun.

Direktur Bina Standarisasi Kompetensi dan Pelatihan Kerja Kemnaker RI Drs. Sukiyo, M.MPd dalam sambutannya di depan peserta dan pendamping dari Provinsi menyampaikan pentingnya SDM Indonesia yang unggul dan handal dalam menghadapi persaingan dan tantangan yang makin ketat di tingkat regional/ ASEAN.

“Dan juga diharapkan kepada para peserta agar dapat bersaing dan berkompetisi dengan jujur dan penuh semangat dalam menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh juri, dan bertekad menjadi yang terbaik,” kata Sukiyo.

Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Kobar Drs. H. Gusti Nur Aini, M.Si berpesan disela-sela pendampingan peserta mengatakan walaupun dalam keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Kabupaten Kobar dalam menyalurkan bakat dan minat SDM untuk meningkatkan keahlian dan kompetensinya Pemerintah Daerah khususnya Disnakertrans Kobar tetap dan selalu akan mendukung berupaya semaksimal mungkin memfasilitasi peserta agar dapat mendapatkan hasil yang terbaik dengan melakukan penguatan dan pembinaan calon peserta melalui program terkait di UPTD BLK Kobar.

Pelaksanaan ASC diselenggarakan secara rutin 2 tahun sekali di tahun genap dan untuk seleksi Daerah dan seleksi Nasional dilaksanakan tahun gasal. Pelaksanaan Seleknas ASC XIII Tahun 2019 menyeleksi 20 macam bidang kejuruan yang tersebar di 11 tempat seleknas  ASC XIII dan penyelenggaraannya terbagi menjadi 2 tahap yakni Tahap I tanggal 12-16 Agustus 2019 untuk Bidang Welding sebanyak 10 peserta, Electrical Instalation sebanyak 22 peserta dan tanggal 19-23 Agustus 2019 untuk bidang lainnya. (hernadi/disnakertrans kobar)