Jelang Libur Nataru, BPTD Kalteng bersama Dishub Kobar Gelar Ramp Check TSDP

Petugas dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTF) Wilayah XVI Kalteng) bersama Dishub Kobar saat melakukan ramp check KMP Kalibodri, Sabtu (5/12). (dishub kobar)

MMC Kobar - Menjelang libur natal dan tahun baru (Nataru) beberapa pekan kedepan, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTF) Wilayah XVI Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan inspeksi keselamatan (Ramp Check) persiapan angkutan nataru pada Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) di Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Sabtu (5/12).

Menindaklanjuti surat dari Direktur TSDP Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) nomor AP.005/9/14/DJPD/2020 tanggal 20 November 2020 perihal pemeriksaan kesiapan operasional sarana dan prasarana TSDP pada masa angkutan natal tahun 2020 dan tahun baru 2021, BPTD Kalteng bersama Dishub Kobar melaksanakan pemeriksaan kesiapan pada angkutan penumpang yang beroperasi di Pelabuhan Penyeberangan Kumai yakni KMP Kalibodri.

(Baca Juga : Tahun 2020, Kobar Terima 1,194 T Alokasi TKDD)

Kepala Dishub Kobar melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan, Hendry Purnama yang ikut serta dalam kegiatan ramp check di Pelabuhan Penyeberangan Kumai menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka monitoring kesiapan operasional sarana dan prasarana TSDP menjelang angkutan natal dan tahun baru.

“Kegiatan inspeksi TSDP ini merupakan upaya untuk mendukung kelancaran pelayanan serta menjamin keselamatan dan keamanan para pengguna jasa TSDP pada masa libur natal tahun 2020 dan tahun baru 2021,” ujar Hendry.

Surat dari Direktur TSDP Kememhub RI berkaitan dengan kegiatan ramp check yang dilakukan, menginstruksikam agar melaksanakan pemeriksaan fisik dan uji fungsi sarana dan prasarana beserta seluruh fasilitas pendukungnya terutama yang berkaitan dengan keselamatan dan keamanan pelayaran.

“Selain itu kegiatan ramp check yang dilakukan pada KMP Kalibodri bersama BPTD Kalteng ini juga bertujuan untuk mengintensifkan koordinasi dengan semua stakeholder terkait dengan keselamatan dan keamanan pelayaran,” tambah Hendry.

“Terkait hasil dari pemeriksaan fisik dan uji fungsi sarana dan prasarana pada KMP Kalibodri di Pelabuhan Penyeberangan Kumai hari ini sudah dihimpun oleh pihak BPTD Kalteng yang nantinya akan dilaporkan kepada Direktur TSDP Kemenhub RI di Jakarta,” tuturnya. (dishub kobar)