Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemkab Kobar Tingkatkan Pengawasan Peredaran Produk Pangan Asal Hewan

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan pengawasan peredaran produk pangan asal hewan di pasar tradisional Indra Sari Pangkalan Bun.

MMC Kobar – Menjelang Hari raya Idul Fitri 1441 H/2020 M, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dinas PKH) melakukan pengawasan peredaran Produk Pangan Asal Hewan yang beredar di Pasar Tradisional dan Retail Modern yang berada di wilayah Kabupaten Kobar, Jum’at (22/05).

Kepala Dinas PKH Kobar melalui Kepala Bidang Keswan Kesmavet Haryo Prabowo, SP, MM menyampaikan pengawasan ini bertujuan untuk memastikan produk pangan asal hewan yang beredar di wilayah Kabupaten Kobar terjamin Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

(Baca Juga : Pastikan Keabsahan Adminduk, Disdukcapil Kobar Lakukan Rikmin Calon Bintara Polri 2020)

Sesuai UU nomor 41 tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan, yang dimaksud dengan Produk Hewan adalah semua bahan yang berasal dari hewan yang masih segar dan/atau telah diolah atau diproses untuk keperluan konsumsi, farmakoseutika, pertanian, dan atau kegunaan lain bagi pemenuhan kebutuhan dan kemaslahatan manusia.

Adapun yang dimaksud dengan ASUH adalah :

Aman, produk hewan tidak mengandung bahaya biologi, kimiawi dan fisik yang dapat menyebabkan  penyakit serta mengganggu kesehatan konsumen.

Sehat, produk hewan memiliki zat-zat yang dibutuhkan dan berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh manusia.

Utuh, produk hewan tidak dikurangi atau dicampur dengan bahan lain.

Halal, produk hewan berasal dari hewan yang disembelih dan ditangani sesuai syariat Islam.

Pengawasan dilakukan di Pasar Palagan Sari, Pasar Indra Sari dan Retail modern (hypermart, City Mall Pangkalan Bun). Dari hasil pemantauan sampai saat ini tidak ditemukan adanya penyimpangan mutu dari produk hewan yang beredar di pasar. Selain pengawasan, pemerintah juga melakukan pembinaan pada pedagang dan konsumen produk pangan asal hewan.

Kepala Dinas PKH Kobar, Ida Pandanwangi menghimbau para jagal/pemotong sapi agar selalu memotong di Rumah Potong Hewan Purbasari yang dikelola oleh Dinas PKH Kobar sebagai jaminan daging ASUH. Dan juga kepada masyarakat selaku konsumen agar cerdas memilih daging sapi yang ASUH. (dpkh kobar)