Jaga Kebugaran Fisik, Personel Damkar Kobar Lakukan Pembinaan Fisik

Kepala Seksi Penyelamatan Saat Memberikan Arahan Kepada Personil Pemadam Kebakaran. (Foto Damkar Kobar)

MMC Kobar - Guna meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani, personil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan Pembinaan Fisik (Binsik). Pembinaan fisik tersebut dipimpin langsung Kepala Seksi Penyelamatan dan Kepala Seksi Sarpras Bidang Pemadaman, Penyelamatan dan Sarpras, yang juga turut andil mengikuti binsik tersebut.

Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Syahruni mengungkapkan, kegiatan kesamaptaan jasmani tersebut digelar selama 2 hari dan dilaksanakan di area mako damkar, dimana hari pertama telah dilaksanakan pada Rabu (17/1/2024) dan dilanjutkan hari kedua pada Kamis (18/1/2024).

(Baca Juga : Mulai 5 Januari 2024, Citilink Layani Penerbangan Reguler Jakarta-Pangkalan Bun)

“Kegiatan binsik ini dimaksudkan untuk mengukur kekuatan stamina dan menjaga kebugaran tubuh, serta mengetahui kondisi fisik dari semua anggota Damkar khususnya anggota yang bertugas dilapangan agar tetap prima dan selalu siap dalam menjalankan tugas dalam kondisi apapun,” ujar Syahruni.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemadaman, Penyelamatan dan Sarpras Dwi Agus Suhartono atau kerap disapa Kaboel juga mengatakan, kegiatan binsik ini terbagi dalam dua kegiatan yakni kesamaptaan A yaitu lari selama 12 menit, dan kesamaptaan B meliputi pull up, sit up, push up.

Agus menjelaskan, pihaknya merencanakan akan melakukan kegiatan binsik serupa kepada jajaran personelnya minimal sebulan sekali. Dari hasil binsik ini nanti akan direkap sehingga bisa mendapatkan gambaran kondisi umum mengenai kondisi kesehatan fisik para personel Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kobar.

“Pembinaan fisik ini sangat penting untuk menjaga kebugaran semua anggota, dan semoga nantinya kegiatan serupa juga bisa ditindaklanjuti kepada para pegawai di jajaran OPD lainnya,” tandasnya. (rz/damkarkobar)