Harkannas 2019, Wabup Kobar Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan

Wabup Kobar Ahmadi Riansyah tengah mencicipi salah satu makanan yang terbuat dari bahan ikan pada Acara Harkannas yang dipusatkan di Pangkalan Bun Park, Kamis (21/11). (diskan kobar)

MMC KOBAR - Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Rabu (21/11) menggelar peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6 tahun 2019 dengan tema “Melalui Peringatan Hari Ikan Nasional Kita Tingkatkan Pemenuhan Gizi Masyarakat Untuk Mencegah Stunting Pada Sumberdaya Manusia Yang Unggul”. Peringatan Harkannas tahun 2019 berlokasi di Pangkalan Bun Park yang dihadiri tamu undangan dari beberapa SOPD.

Peringatan Harkannas tahun ini diisi dengan beberapa perlombaan yang juga tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu lomba mewarnai untuk TK masing-masing 5 orang, menggambar untuk SD masing-masing 5 orang, lomba masak berbahan dasar serba ikan untuk PKK dan UKM/Poklahsar.

(Baca Juga : Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2023, Pj Bupati Anang Dirjo Apresiasi Kontribusi Tenaga Pendidik di Kobar)

Wakil Bupati Kobar, Ahmadi Riansyah yang dalam sambutannya mengharapkan agar semakin banyak warga yang memakan ikan dan akan berkontribusi positif bagi petani ikan/nelayan. Beliau mengharap masyarakat meningkatkan kepedulian terhadap sumberdaya ikan dan meningkatkan kesadaran akan konsumsi ikan.

“Mengkonsumsi ikan merupakan langkah yang tepat untuk dapat meningkatkan IQ anak dan juga dapat mencegah stunting di masyarakat,” kata Ahmadi Riansyah.

Selain itu, Ahmadi Riansyah juga menekankan perikanan sebagai salah satu sektor pembangunan yang menjadi concern pemerintahan sekarang diharapkan dapat menjadi pendorong pembangunan di Kabupaten Kobar.

“Pemerintah saat ini terus mendorong agar sektor perikanan dapat tumbuh berkembang untuk bisa memenuhi asupan gizi bagi masyarakat serta mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi bagi daerah ini,” pungkas Ahmadi Riansyah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perikanan Rusliansyah mengatakan bahwa kegiatan Harkannas tahun 2019 Dinas Perikanan telah mengadakan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang telah dilakukan beberapa waktu lalu disekolah dasar yang ada di Pangkalan Bun.

“Dengan mengkonsumsi ikan sangat relevan dalam hal perbaikan gizi, mengingat ikan merupakan sumber protein yang bagus untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak,” kata Rusliansyah.

Peringatan Harkannas tahun ini, menurut Rusliansyah, diharapkan mampu mensosialisasikan program Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka memasyarakatkan makan ikan bagi masyarakat Kobar. Sehingga nantinya masyarakat dapat menjadikan makan ikan sebagai sumber asupan protein bagi diri sendiri dan anak-anaknya dengan berbagai olahan masakan sebagai penambah daya tarik anak seperti pentol ikan, nuget ikan, sosis ikan yang kesemua nya itu merupakan makanan yang digemari anak. (razak & manis/diskan kobar)