Hadiri Pengukuhan DPC dan PAC, Bupati Kobar Berharap ABPEDNAS Jadi Sarana Penguatan Peran BPD se-Kobar

MMC Kobar - Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) Asosiasi Badan Musyawarah Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Selasa (10/11) resmi dikukuhkan. Bertempat di aula Bappeda, pengukuhan dihadiri oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah.

Bupati Hj Nurhidayah mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran DPC dan PAC ABPEDNAS Kobar yang telah dilantik secara langsung oleh H. Deden Samsudin selaku Ketua DPP ABPEDNAS.

(Baca Juga : Seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir)

Dalam sambutannya Bupati Hj Nurhidayah menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat mengapresiasi terbentuknya wadah yang menaungi BPD se-Kabupaten Kobar.

“Saya juga berharap terbentuknya Asosiasi BPD di tingkat kabupaten dan kecamatan nantinya dapat berperan positif mendorong penguatan fungsi BPD dalam pemerintah desa,” kata Hj Nurhidayah.

Hj Nurhidayah juga berharap organisasi yang menaungi BPD ini menjadi wadah Anggota BPD untuk silaturahmi, komunikasi, diskusi, tukar pengetahuan, sehingga BPD di seluruh Kobar semakin kuat, eksis, dan berdaya. Bupati juga mengungkapkan sejumlah langkah telah dilaksanakan oleh Pemkab Kobar dalam rangka penguatan dan peningkatan kualitas BPD.

Upaya penguatan tersebut diantaranya dengan peningkatan kompetensi anggota BPD dengan pengembangan kapasitas SDM dalam bentuk pendidikan dan pelatihan dan studi komparasi. Selain itu juga dilaksanak perbaikan metode perkrutan anggota BPD dan peningkatan honorarium anggota BPD dan anggaran operasional secara bertahap. (prokom kobar)