Grand Opening Puskeswan Kecamatan Pangkalan Lada dan Kecamatan Kumai

Pelaksanaan Kegiatan Grand Opening Puskeswan Kecamatan Pangkalan Lada dan Puskeswan Kecamatan Kumai

MMC Kobar - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Haryo Prabowo dan didampingi oleh seluruh Kepala Bidang Dinas Pertanian meresmikan kegiatan Grand Opening Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di kompleks bangunan Puskeswan Pangkalan Lada, Desa Sumber Agung, Kecamatan Pangkalan Lada, Selasa (5/3).

Grand Opening dilaksanakan ini dalam rangka mengaktifkan puskeswan dan untuk memperkuat pelayanan kesehatan hewan pada Masyarakat. Kegiatan ini dihadiri Camat Pangkalan Lada, Camat Kumai, Kapolsek Kumai, dan Kepala Desa Sekecamatan Pangkalan Lada dan Kumai.

(Baca Juga : Tingkatkan Silaturahmi, DWP Kobar Halal Bihalal dengan Seluruh Anggota)

Kabupaten Kobar merupakan salah satu kabupaten dengan  populasi ternak terbanyak di Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan profil populasi ternak yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun serta berbagai program pengembangan peternakan dan kesehatan hewan di Kabupaten Kobar, maka layanan teknis peternakan dan kesehatan hewan yang prima semakin menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat peternak dan pelaku usaha peternakan lainnya.

Seremoni peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekretaris Dinas Pertanian

Dalam sambutannya Haryo Prabowo menyampaikan, salah satu aspek yang perlu mendapat perhatian serius dalam pengembangan peternakan secara menyeluruh adalah aspek kesehatan hewan dan pelayanan kesehatan hewan itu sendiri. Puskeswan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan hewan yang berada di tingkat kecamatan dan mempunyai fungsi diantaranya untuk melaksanakan penyehatan hewan dan kesiagaan darurat untuk wabah penyakit hewan. 

“Puskeswan juga berperan penting dalam pengendalian dan penanggulangan penyakit hewan di wilayah kerjanya masing-masing. Peran ini selain meningkatkan produktifitas hewan juga melindungi masyarakat dari penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia (zoonosis),” kata Haryo.

“Kita pahami bersama bahwa upaya pemerintah untuk melakukan revitalisasi dan optimalisasi fungsi puskeswan bukan tanpa kendala, baik anggaran maupun SDM yang jauh dari kata ideal. Namun dengan semangat kebersamaan dan spirit melayani masyarakat, melayani negeri, maka hari ini menjadi tonggak sejarah bahwa Puskeswan secara  resmi telah beroperasi sebagai unit layanan teknis terdepan dalam pelayanan kesehatan hewan dan peternakan, “ ungkap Haryo

Haryo berhatap dukungan dan kerjasama semua pihak untuk bersama-sama mengembangkan Puskeswan ini, sehingga ke depan Puskeswan mampu memberikan pelayanan kesehatan hewan yang optimal untuk meningkatkan kualitas kesehatan hewan dan ternak guna mendukung kesejahteraan peternak. 

Dengan terselenggarannya kegiatan ini, Camat Pangkalan Lada Roby Setiawan menyampaikan ucapan terima kasih telah dibukanya puskeswan. Robiy juga berharap puskeswan ini akan berdampak positif bagi masyarakat Kotawaringin Barat dan meningkatkan gairah masyarakat untuk beternak maupun pelihara hewan kesayangan.

 
Foto Bersama dalam Kegiatan Grand Opening Puskeswan Kecamatan Pangkalan Lada dan Puskeswan Kecamatan Kumai