Giliran Kecamatan Kotawaringin Lama Akan Dibentuk FPK

Kepala Badan Kesbangpol Kobar, Drs. Edie Faganti saat memberikan materi dalam acara Sosialisasi FPK di Aula Kecamatan Kotawaringin Lama, Selasa (23/11).

MMC Kobar - Pada Selasa (23/11), bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kotawaringin Lama, Badan Kesatauan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Kecamatan Kotawaringin Lama.

Kegiatan ini merupakan lanjutan setelah dilaksanakan di Kecamatan Kumai, Kecamatan Arut Selatan, Kecamatan Pangkalan Lada dan Kecamatan Pangkalan Banteng. Hadir dalam Kegiatan tersebut yaitu Kaban Kesbangpol Kobar, Drs. Edie Faganti yang sekaligus menjadi narasumber serta Wakil Ketua II DPRD Kobar, H. Bambang Suherman, S.P yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua FPK Kobar dan juga menjadi narasumber serta Camat Kotawaringin Lama, Nahwani. Peserta yang hadir berasal dari perwakilan etnis yang ada di Kecamatan Kotawaringin Lama.

(Baca Juga : Dinas Dikbud Kobar Gelar Rakor Pensertifikatan Tanah Satuan Pendidikan)

Edie Faganti mengatakan, adapun tujuan digelarnya sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya FPK dibentuk dengan harapan di Kecamatan Kotawaringin Lama juga segera terbentuk forum tersebut dalam rangka mencegah konflik yang bernuansa SARA.

"FPK adalah wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan," kata Edie.

“Penyelenggaraan pembauran kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, ertnis melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan, dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis masing-masing dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Edie. (badan kesbangpol kobar)