Gedung Serbaguna Antakusuma Pangkalan Bun, Gedung Pertemuan dengan Arsitektur Eropa

Penandatangan Prasasti Gedung Serbaguna Antakusuma oleh Bupati Hj Nurhidayah

MMC Kobar – Gedung serbaguna Antakusuma Pangkalan Bun Park dengan desain konsep arsitektur gaya Eropa telah diresmikan oleh Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) pada Minggu (20/3) di Pangkalan Bun Park. Pembangunan gedung ini dimulai sejak tahun 2019 seiring dengan penataan ulang kawasan Pangkalan Bun Park.

Dalam sambutannya Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, tujuan utama dari pembangunan gedung serbaguna ini adalah agar dapat difungsikan sebagai wadah untuk menampung berbagai aktivitas komunitas yang ada di Kobar. Menurut Bupati, pembangunan Gedung Serbaguna Antakusuma Pangkalan Bun ini merupakan salah satu bentuk komitmen kuat pemerintah daerah dalam menjamin terciptanya nilai kebersamaan serta makna pengembangan aktivitas sosial masyarakat.

(Baca Juga : ASN Kecamatan Pangkalan Lada Ikuti Kegiatan Koordinasi dan Pembinaan Kepegawaian)

“Selain itu, keberadaan gedung serba guna ini merupakan upaya untuk melakukan penataan kawasan Pangkalan Bun Park sehingga tercapai tujuan utama yang akan didedikasikan kepada masyarakat kabupaten Kobar,” ujar Hj Nurhidayah.

“Untuk itu pula, saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap pembangunan Gedung Serbaguna Antakusuma Pangkalan Bun. Ini merupakan modal besar bagi kita khususnya Kabupaten Kotawaringin Barat untuk membangun masa depan yang lebih baik lagi,” tandasnya.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah didampingi suami H.M. Ruslan AS dan unsur Forkopimda meresmikan Gedung Serbaguna Antakusuma pada Minggu (20/3)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) M. Hasyim Muallami menjelaskan, luas bangunan Gedung Serbaguna Antakusuma Pangkalan Bun adalah 1800 m2 (30×60 m) dengan tinggi bangunan 12 meter dengan konsep arsitektur gaya Eropa. Kapasitas daya tampung indoor bangunan ini sebanyak 1.500 orang, dengan rincian 1.100 orang pada lantai 1 dan 400 orang pada lantai 2 yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pemerintah maupun masyarakat umum.

“Selanjutnya rencana kedepan, untuk design rancangan kanan dan kiri bangunan memiliki kapasitas sebanyak 1.500 orang pada sisi kiri dan sebanyak 1.500 orang pada sisi kanan, yang dimanfaatkan sebagai garden party/pesta taman dan food court. Gedung Serbaguna Antakusuma ini juga terkonektivitas dengan bangunan lain di area Pangkalan Bun Park,” terang Hasyim.

“Gedung Serbaguna Antakusuma Pangkalan Bun Park ini dibangun dalam 4 tahapan, mulai dari 2019 sampai tahun 2022 dengan menghabiskan anggaran kurang lebih 19 milyar,” imbuhnya.

Peresmian Gedung Serbaguna Antakusuma ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD, Komandan Kodim 1014 Pangkalan Bun, Kapolres Kobar, Danlanud Iskandar, kepala SOPD, camat, lurah serta undangan terkait. (dpupr kobar)