Fasilitasi Para Pencari Kerja, Pemkab Kobar Adakan Job Fair dan Bazaar 2022

Sekda Kobar Suyanto, beberapa Kepala SOPD Kobar, Pimpinan Perusahaan menghadiri pembukaan Job Fair dan Bazzar 2022 di Halaman Kantor Disnakertrans, Selasa (29/3).

MMC KobarJob Fair merupakan ajang bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) memberikan fasilitas bagi pencari kerja melalui kegiatan pameran bursa kerja yakni Job Fair dan Bazzar Tahun 2022, Selasa (29/3).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kobar, Suyanto mewakili Bupati Kobar menghadiri pembukaan Job Fair dan Bazzar sekaligus membuka kegiatan tersebut. Turut hadir pula, Kepala SOPD, pimpinan perusahaan-perusahaan, peserta Job Fair dan pelaku UMKM Kobar, bertempat di halaman kantor Disnakertrans Kobar.

(Baca Juga : Bupati Pimpin Penyaluran Bantuan)

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 29-31 Maret 20222 ini dilaksanakan guna memfasilitasi pertemuan kedua belah pihak pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja (perusahaan).

Pencari kerja dapat memilih dan bertemu secara langsung dengan perusahaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya serta mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang up to date. Selain itu, perusahaan bisa melakukan seleksi awal calon tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sekretaris Daerah Kobar Suyanto memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Job Fair dan Bazzar 2022

Berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Nakertrans, Rusliansyah bahwa ada sebanyak 20 perusahaan yang ikut andil pada kegiatan Job Fair ini dengan jumlah lowongan kurang lebih 500 lowongan pekerjaan dan 30 macam jenis lowongan.

“Kami berharap pada event kali ini, perusahaan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di daerah khususnya Kabupaten Kotawaringin Barat,”ungkap Rusliansyah.

Suyanto dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan job fair ini dan berharap perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang diinginkan. Selain itu juga adanya peningkatan tenaga kerja secara proporsional dan mengurangi angka pengangguran.

“Semoga kegiatan ini berkelanjutan, tetap berkarya, tetap bekerja untuk menjadi wirausaha baru di Kabupaten Kotawaringin Barat,” pungkas Suyanto mengakhiri sambutannya.

Sebanyak 20 perusahaan ikut andil dengan 500 jumlah lowongan pekerja dalam Job Fair dan Bazaar Tahun 2022.

Sementara itu, pada Job Fair kali ini juga merangkul para pelaku UMKM untuk ikut menyemarakan bazzar dan sebagai media promosi produk yang dijual.

“Dengan adanya bazzar ini bisa memasarkan produk-produk yang kami jual dan juga mengenalkan produk kami ke khalayak yang lebih luas lagi,” kata Sari, salah seorang pelaku UMKM pada stand Kanaya Herbal.

Hal senada juga diungkapkan pelaku UMKM lainnya. “Semoga acara yang seperti ini lebih sering diadakan karena selama masa pandemi kegiatan UMKM banyak yang vakum jadi melalui bazzar inilah kami bisa mempromosikan produk pada masyarakat,” ujar Liah pelaku UMKM stand Dapur Arelia.

Pada kesempatan yang sama, Dedy Cahyadi selaku Ketua panitia kegiatan Job Fair dan Bazzar, berharap kegiatan bazzar ini bisa membantu perekonomian masyarakat dimasa pandemi.

“Ada 15 pelaku UMKM yang ikut meramaikan Job Fair ini untuk bisa mempromosikan produk yang mereka jual,” ungkap Dedy disela sesi wawancara. (dsy/diskominfo kobar)