Evaluasi Program Demapan, DKP Kobar Gelar Pertemuan dan Pembinaan LKD Melati Desa Natai Raya

Pertemuan dan Rapat Akhir Tahun (RAT) Lembaga Keuangan Desa (LKD) Melati Desa Natai Raya, Kecamatan Arsel, Selasa (10/03).

MMC Kobar- Sebagai bentuk pembinaan yang terukur, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Pertemuan dan Pendampingan Rapat Akhir Tahun (RAT) Kelompok Mandiri Pangan Lembaga Keuangan Desa (LKD) Melati Desa Natai Raya, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Selasa (10/2).

RAT ini digelar untuk mengevaluasi dan pertanggungjawaban laporan keuangan LKD Melati Desa Natai Raya Tahun 2018-2019. Dalam perkembangannya LKD Melati mengalami peningkatan yang signifikan dalam pengelolaannya. 

(Baca Juga : Menkominfo Tegaskan Aplikasi PeduliLindungi Aman Digunakan)

Berawal dari kucuran modal 25 juta pada tahun 2011 lewat program Demapan melalui dana APBN dan APBD, sampai awal tahun 2020 ini telah mencapai 172 juta. Selain dari jumlah modal, jumlah anggotanya pun meningkat dari 25 orang menjadi 70 orang.

Di tempat terpisah Plt Kepala DKP Kobar, Ida Pandanwangi menuturkan bahwa Program Demapan yang dilaksanakan sejak tahun 2011 di Kobar rata-rata berhasil, walau ada sebagian desa yang mendapat kucuran dana program Demapan awalnya mengalami kesulitan dalam mengembalikan modalnya.

“DKP Kobar melalui pendampingan yang terus menerus serta selalu memberi semangat untuk mempertahankan bantuan yang dikelola agar dapat dimanfaatkan melalui usaha kecil yang produktif, diharapkan dapat menambah penghasilan dan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri, dan Alhamdulliah sekarang sudah bisa meningkat, baik dari segi modal maupun kesejahteraan anggotanya,” tuturnya.

Sementara itu Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan DKP Kobar melalui Kasi Ketersediaan Pangan, Anwar dan juga selaku pembina di Kabupaten yang hadir pada rapat ini, mengapresiasi  dan mengucapkan terima kasih atas keberhasilan kelompok LKD Melati Desa Natai Raya.

“Kami turut bangga atas keberhasilan ini. Semoga LKD Melati lebih sukses dan berhasil, bukan hanya bagi anggota kelompok saja akan tetapi bagi kemajuan desa dan kesejateraan masyarakat lainnya,” ujarnya.

Dalam pertemuan kali ini banyak harapan dan dukungan yang disampaikan oleh berbagai pihak diantararanya, oleh petugas BPP Kecamatan Arsel agar anggota LKD Melati bisa mengembangkan usaha dan jeli melihat peluang yang ada. Demikian juga dengan Dinas TPHP Kabupaten Kobar siap untuk melakukan pendampingan dan pembinaan untuk kemajuan LKD melati Desa Natai Raya. (dkp Kobar)