Dukung Penguatan Konektivitas, Menteri Perhubungan Tinjau Bandara Iskandar dan Pelabuhan Roro Kumai

Pj. Bupati Dr. Drs. H. Budi Santosa, M.Si mendampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melakukan kunjungan ke Bandara Iskandar dan Pelabuhan Roro Kumai pada Selasa (19/3)

 

MMC Kobar – Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat, Dr. Drs. Budi Santosa, M.Si., mendampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melakukan kunjungan ke Bandara Iskandar dan Pelabuhan Roro Kumai. Kegiatan pada Selasa (19/3) ini dilakukan untuk meninjau secara langsung kondisi lapangan dalam rangka upaya meningkatkan layanan transportasi terutama untuk mendukung konektivitas di Kalimantan. Menteri beserta rombongan mendarat di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, menggunakan pesawat Longitude PK-CAP milik Balai Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Kemenhub RI. 

(Baca Juga : Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Penyetaraan Jabatan Administrasi di Lingkup Pemkab Kobar)

Dalam kesempatan ini Pj. Bupati Budi Santosa menyampaikan berbagai potensi yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Marunting Batu Aji ini. Budi Santosa berharap pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan terus mendukung perkembangan infrastruktur di wilayah ini. “Kabupaten Kotawaringin Barat memiliki peran yang strategis, selama ini menjadi pilihan tujuan transportasi dan menjadi pintu gerbang  wilayah barat Kalimantan Tengah termasuk Kalimantan Barat,” kata Budi Santosa. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyatakan komitmennya untuk terus meningkatkan pelayanan bandara dan pelabuhan di Kalimantan guna mendukung konektivitas, mendorong kunjungan wisata, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan setempat. “Fasilitas akan ditingkatkan, bahkan revitalisasi akan dilakukan jika diperlukan untuk menciptakan kenyamanan bagi penumpang,” kata Budi Karya. Menteri Perhubungan mendorong pengembangan Bandara Iskandar, terutama untuk mendukung sektor pariwisata Pangkalan Bun, khususnya Taman Nasional Tanjung Puting yang merupakan habitat alami orang utan.

Bandara Iskandar, Pangkalan Bun, merupakan salah satu fokus utama kunjungan ini. Dengan panjang runway 2.120 x 45 meter dan luas terminal 3.500 m², bandara ini melayani penerbangan ke Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Setiap harinya, terdapat tiga maskapai yang melayani penerbangan dengan rute Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Selain meninjau Bandara Iskandar, Menteri Perhubungan juga meninjau Pelabuhan Roro di wilayah Kumai, pelabuhan ini melayani lintas Kumai - Kendal, Jawa Tengah. (rib)