Dukung Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba, Pemkab Kobar Bersinergi dengan BNNK

Kepala Badan Kesbangpol Kobar, Edie Faganti memberikan paparan pada Kegiatan Konsolidasi Kebijakan Kabupaten/Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) pada Sektor Kelembagaan di Hotel Alibaba, Kamis (29/9/2022)

MMC-Kobar – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Edie Faganti menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Konsolidasi Kebijakan Kabupaten/Kota Tanggap Ancaman Narkoba (Kotan) pada Sektor Kelembagaan.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dari berbagai OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) ini dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kobar di Hotel Alibaba, Kamis (29/09).

(Baca Juga : Mulai 3 Juli, Pemerintah Berlakukan PPKM Darurat di Jawa-Bali)

Dalam paparannya Edie Faganti mengatakan, atas nama Pemkab Kobar memberikan apresiasi kepada BNNK Kobar atas kerjasama yang terjalin hingga saat ini. Pemkab Kobar, kata Edie, memiliki peran penting dan strategis dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Kita harus membangun sinergi antara pemerintah daerah dan BNN dalam pemberantasan dan pencegahan narkotika ini. Keseriusan sinergi ini bisa kita wujudkan dengan melaksanakan beberapa Rencana Aksi Daerah (RAD) yang sudah dipersiapkan sebelumnya,” kata Edie.

Kepala Badan Kesbangpol bersama beberapa Kepala OPD terkait, didamping oleh Kepala BNNK Kobar menandatangani kerjasama P4GN dengan BNNK Kobar.

“Diantara rencana aksi daerah yang perlu disiapkan tersebut, yakni mengeluarkan peraturan daerah tentang P4GN yang saat ini masih dipersiapkan oleh Bagian Hukum Setda selaku sekretaris dalam penyusunan Ranperda tentang P4GN," jelasnya.

Edie menambahkan peran pemerintah daerah diharapkan mampu mengolaborasi dan memobilisasi sumber daya yang dimiliki seluruh komponen di daerah, baik kalangan pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat.

“Hal itu diharapkan dapat memperkuat kemampuan daerah dalam mengantisipasi, mengadaptasi dan memitigasi Ancaman dan gangguan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” pungkas Edie. (humas kesbangpol kobar)

Beberapa OPD di lingkup Pemkab Kobar menyepakati membangun sinergi dalam mengantisipasi, mengadaptasi dan memitigasi Ancaman dan gangguan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kabupaten Kobar.