Dua Puluh Perpustakaan Desa/Kelurahan dan TBM Ikuti Peer Learning Meeting Tingkat Kabupaten Kobar 

Kadispursip Kobar membuka kegiatan Peer Leerning Meeting (PLM) Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2023

MMC Kobar - Selasa (26/9) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan Peer Leerning Meeting (PLM) Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 25-26 September 2023 di Aula Serbaguna Lantai 2 Dispursip Kobar.

Dispursip Kobar selaku pembina semua jenis perpustakaan di daerah berperan dalam mengembangkan dan meningkatkan layanan perpustakaan di Kabupaten Kobar, salah satunya melaksanakan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). 

(Baca Juga : Bersama Disperindagkop UKM, Satpol PP Kobar Gelar Penertiban dan Penataan PKL)

Pogram TPBIS telah dijalankan sejak tahun 2012 dan secara konsisten melakukan replikasi (perluasan) ke tingkat desa/ kelurahan. Dalam Program TPBIS ada tahapan pendampingan/ monitoring kepada perpustakaan desa/ kelurahan dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Oleh karena itu, Dispursip Kobar menggelar Kegiatan PLM Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2023 dengan tema “Membangun Literasi Masyarakat melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial”Kegiatn ini secara resmi di buka oleh Kadispursip Kobar, M. Rosihan Pribadi didampingi Plt Sekretaris Norlaila Hayati dan Kabid P3KM Ahmad Zulkarnain.

Kadispursip Kobar M.Rosihan Pribadi menyampaikan, forum ini adalah ajang berbagi pengalaman antar sesama pengelola perpustakaan desa/ kelurahan dan TBM terkait capaian, keberhasilan, dan tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan perpustakaan di wilayah masing-masing.

Peserta saat presentasi di kegiatan Peer Leerning Meeting (PLM) Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2023

”Fungsi perpustakaan sangat penting di masyarakat. Ini adalah tugas mulia ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dan akan menjadi amal jariyah bagi bapak/ ibu semua. Terus semangat dan konsisten dalam pengembangan perpustakaan,” ujar Rosihan.

Perpustakaan desa/ kelurahan dan TBM replikasi yang mengikuti kegiatan ini diantaranya dari Madurejo, Kumpai Batu Bawah, Kumpai Batu Atas, Natai Baru, Natai Raya, Pasir Panjang, Tanjung Terantang, Amin Jaya, Arga Mulya, Kebun Agung, Sido Mulyo, Pangkalan Banteng, Pangkalan Dewa, Pangkalan Durin, Sungai Melawen, Sungai Rangit Jaya, Sumber Agung, Kubu, Sungai Bakau, dan Rumah Pintar Sanggar Rahmat Abah Kumai Hilir.

Tujuan kegiatan PLM Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2023 ini untuk memfasilitasi proses saling belajar dan berbagi pengalaman, capaian keberhasilan dan area of improvement dalam implementasi program; meningkatkan komitmen, motivasi dan kepercayaan diri peserta untuk terus melaksanakan strategi program, memberikan pengetahuan dan keterampilan baru bagi peserta untuk penguatan implementasi program, menyusun rencana tindak lanjut implementasi program, dan memberikan apresiasi bagi perpustakaan desa/kelurahan terbaik di tingkat kabupaten.

Kegiatan PLM berlangsung dengan penuh semangat dan antusias yang tinggi dari pengelola, antar pengelola perpustakaan desa/kelurahan dan TBM  saling berbagi tips dan trik dalam pengembangan layanan maupun kegiatan di perpustakaan. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, pengelola perpustakaan desa/ kelurahan dan TBM dapat mengimplementasikan program kegiatan yang diperoleh dari PLM untuk meningkatkan kegemaran membaca di masyarakat dan pengembangan perpustakaan. (dispursip kobar)

Sesi foto bersama peserta Peer Leerning Meeting (PLM) Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2023