DPMD Kobar Laksanakan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Camat Pangkalan Banteng Sigit Imam Mulia mendampingi Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa DPMD Kobar Roomhendi Mustafa saat penilaian lomba desa tingkat kabupaten tahun 2024 di Desa Marga Mulya, Rabu (15/5/2024)

MMC Kobar - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah memulai penilaian lomba desa tingkat kabupaten. Ada 6 desa yang menjalani penilaian yang merupakan wakil dari masing-masing kecamatan.

Kepala Dinas PMD melalui Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa Roomhendi Mustafa mengatakan bahwa tema lomba desa tahun 2024 ini berfokus pada kesejahteraan masyarakat.

(Baca Juga : Rakor dan Bimtek Peningkatan Kinerja Pengurus KP-SPAMS Untuk Penguatan Pamsimas III)

“Tema lomba desa tahun 2024 adalah Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Dengan Belanja Desa Dan Kelurahan Yang Berkualitas,” ujarnya usai penilaian di Desa Marga Mulya yang mewakili Kecamatan Pangkalan Banteng, Rabu (15/5).

Menurutnya, ada tiga bidang yang menjadi klarifikasi penilaian yakni, bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan. Dan akan ada nilai tambah bila desa sukses untuk mengembangkan produk unggulan.

“Kalau program satu desa satu produknya sukses dan apalagi mampu menghasilkan pendapatan asli desa sekaligus pemberdayaan masyarakat itu malah bagus dan bisa jadi nilai tambah,” katanya.

Oleh karena itu, sejak beberapa tahun belakangan ini Pemkab Kobar gencar untuk mendukung pengupayaan produk unggulan di masing-masing desa yang bisa menjadi ciri khas masing-masing.

“Misalnya di Desa Marga Mulya ini memiliki embung untuk wisata, kemudian pemberdayaan petani karena memiliki lahan persawahan yang cukup luas,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa perwakilan masing-masing kecamatan untuk lomba desa tingkat kabupaten tahun 2024 ini adalah :

  1. Desa Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan;
  2. Desa Sebuai Kecamatan Kumai;
  3. Desa Marga Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng;
  4. Desa Pangkalan Dewa Kecamatan Pangkalan Lada;
  5. Desa Lalang Kecamatan Kotawaringin Lama;
  6. Desa Panahan Kecamatan Arut Utara. 

(jay/shm)