Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, Bupati Kobar Kembali Salurkan Bantuan Sarana Usaha Perikanan

Bupati Kobar Hj. Nurhidayah secara simbolis menyerahkan bantuan kapada para pelaku usaha perikanan kepada masyarakat desa Sebuai Timur

MMC Kobar – Bupati Hj. Nurhidayah kembali menyalurkan bantuan hibah kepada para pelaku usaha perikanan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Penyaluran yang dilaksanakan di desa Sebuai Timur pada Kamis (4/2) ini menjadi wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Kobar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui berbagai program. Tidak hanya itu, kegiatan ini sekaligus menjadi wujud pelaksanaan janji politik Bupati Hj. Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah (Nurani) di masa pemerintahan ini.

Di masa pemerintahannya, Hj. Nurhidayah menyasar salah satu prioritas pembangunan yaitu di sektor perikanan, yang mana sesuai salah satu visi dan misi pemerintahan Nurani untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat pesisir dan pelaku usaha perikanan di Kobar. 

(Baca Juga : Kobar Kembangkan Wisata Hutan Desa Pasir Panjang )

“Sejak kami menjabat, mulai bulan Mei 2017 hingga saat ini, Pemkab Kobar telah menyalurkan berbagai saranan produksi untuk pelaku usaha perikanan,” kata Hj. Nurhidayah. Bupati mengungkapkan hingga akhir 2021 telah diserahkan sebanyak 200 kapal, 20.240 alat tangkap yang terdiri dari 12.014 pice jarring ikan, 13.225 unit pengilar/bubu serta 10 unit alat tangkap rawai. Disamping itu direncanakan sampai akhir 2022 akan diserahkan sebanyak 334 mesin kapal dan 133 alat bantu penangkapan. 

Bupati Hj. Nurhidayah melepas bibit benih ikan sebagai kepada masyarakat untuk dibudidayakan

“Keberhasilan usaha perikanan adalah tujuan kami dalam memberikan stimulus usaha agar secara umum mampu meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya. Hj. Nurhidayah juga menyebutkan jika selama 5 tahun ini telah terfasilitasi sebanyak 312 pelaku usaha perikanan tangkap yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB), 171 Pokdakan dan 39 Poklahsar.

Disamping bagi nelayan, pemerintah daerah juga telah menyerahkan sarana dan prasarana budidaya perikanan sebanyak 193,9 ton pakan ikan, 3.079.000 ekor benih ikan/udang, 4.400 ekor indukan dan saranan budidaya kolam terpal sebanyak 124 unit dengan produktivitas 189,3 ton ikan konsumsi dan 2.000.000 ekor benih ikan. Bagi pelaku usaha pengolahan dan pemasaran hasil perikanan juga telah diserahkan sarana peralatan pengolahan berupa cold box, container box, freezer, kulkas, lemari etalase, mesin penggiling ikan, mesin pengiris kerupuk dan mesin pembuat abon. (rib/prokom kobar)