DLH Kobar Gelar Aksi Peduli Sampah di CFD

Aksi Peduli Sampah Bersama Petugas Pasukan Kuning dan Petugas Barosih Ratik, Minggu (17/03/2019). (kn08)

MMC Kobar - Dalam rangka gerakan mengurangi sampah plastik, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Barat (DLH Kobar) pada hari Minggu (17/3/2019) melakukan Aksi Peduli Sampah di area Car Free Day (CFD). Bersama Pasukan Kuning dan Petugas Barosih Ratik, DLH Kobar mengajak warga masyarakat untuk memiliki kepedulian dalam mengurangi sampah terutama sampah plastik. Sosialisasi pun dilakukan kepada para penjual makanan dan warga yang melintas di area CFD di seputar jalan HM Rafi'i dan Taman Kota Manis.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) DLH Kobar M. Robianoor, permasalahan sampah merupakan kewajiban kita semua, untuk itu kepedulian dan peran serta masyarakat menjadi penting dalam rangka mengurangi sampah dan budaya membuang sampah pada tempatnya.

(Baca Juga : Menkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2018 Capai 5,15 Persen)

Bukan tanpa alasan kegiatan ini dilaksanakan di CFD, mengingat acara yang berlangsung setiap hari minggu tersebut tentunya juga 'menyumbang' tumpukan sampah, terutama bekas bungkus makanan dan minuman.

"Maka kami dari DLH Kobar terus menerus melakukan sosialisasi terhadap kepedulian warga masyarakat untuk peduli terhadap permasalahan sampah dengan menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle)," kata M. Robianoor.

Tidak hanya pengunjung, tapi juga para pedagang juga diimbau untuk peduli terhadap sampah.

"Kami juga mengimbau para pedagang agar menyediakan tempat sampah di tempat mereka berjualan, karena dari produk yang dijual mereka menjadi salah satu sumber asal sampah," ungkapnya.

"Kami juga mengingatkan kepada warga agar membuang sampah ke TPS agar memperhatikan jadwal pembuangan sampah karena nanti akan berdampak kepada tidak terangkut sampah tersebut yang dibuang di luar jam pengambilan," lanjut Robianoor. 

Apabila semua warga bersama pemerintah daerah peduli dengan permasalah sampah, maka tentunya harapan kota bersih dapat tercipta dan raihan Adipura dapat dicapai sesuai target yang ditentukan.

"Mari kita bersama peduli terhadap permasalahan sampah, jangan membuang sampah sembarang, buanglah pada tempatnya dan mulailah dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil dan mulai saat ini," pungkasnya. (kn08)