DLH Kobar Gandeng Hypermart dan Citimall untuk Kurangi Sampah Plastik dan Gerakan Donasi Sampah

DLH Kobar yang diwakili Kabid PSLB3 M. Robiannor didampingi Kasi Pengurangan Sampah Sudaryati dan Kasi Limbah B3 Deni Utami saat mengunjungi pihak manajemen Citimal terkait Program Pengurangan Sampah dan Donasi Sampah pada Rabu (11/3/2020). Foto: dok. DLH Kobar

MMC Kobar - Dalam kegiatan pengurangan sampah plastik dan rencana Gerakan Donasi Sampah Plastik yang akan diselenggarakan oleh DLH Kobar dalam waktu dekat, maka sebagai langkah awal Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berkunjung ke Hypermart dan Citimall pada Rabu (11/3).

Dalam kunjungan DLH yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) M. Robiannor yang didampingi oleh Kasi Pengurangan Sampah Sudaryati dan Kasi Limbah B3 Deni Utami menyampaikan bahwa dalam pengelolaan sampah, DLH Kobar berencana akan mengelar program dan kegiatan pengurangan sampah plastik dan Gerakan Donasi Sampah.

(Baca Juga : Akhir Tahun 2019, Bapenda Kobar Terus Kejar Target PAD)

“Guna melaksanakan program tersebut kami bermaksud menggandeng pihak Hypermart dan Citimall sebagai retail modern terbesar di kota Pangkalan Bun untuk berpartisipasi dalam kegiatan dimaksud. Hal ini sebagaimana arahan dan petunjuk dari Kepala DLH Kobar Bambang Djatmiko Trikora,” ungkap Robiannor.

Robiannor juga menambahkan, salah satu cara dalam rangka pengurangan sampah plastik yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengurangi penggunaan kantong belanja dari bahan plastik sekali pakai, dan untuk kegiatan donasi sampah ke depannya akan disalurkan menjadi program kepedulian sosial seperti untuk sekolah gizi, sumbangan ke panti atau yayasan sosial.

“Sebagai kelengkapan administrasi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut kami telah menyampaikan kepada pihak manajemen Hypermart dan Citimall agar kiranya berkenan memberikan laporan data penanganan sampah dan pengurangan sampah di tempatnya,” tandasnya.

Dalam kunjungan tersebut, perwakilan DLH Kobar disambut oleh manajemen Citimall yang diwakili oleh Creative Marketing Abaz Muzaqi. Abaz menyampaikan bahwa pihaknya merupakan pemilik dari bangunan yang disewa oleh Hypermart, butik, toko, dll.

“Maka untuk kerjasama dalam kegiatan yang diinisiasi DLH Kobar, kami menyarankan agar DLH juga berkoordinasi dengan pihak Hypermart," tuturnya.

Di lain pihak, manajemen Hypermart yang diwakili oleh Store Manager Deddy Sutendy mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik rencana DLH melaksanakan program pengurangan sampah plastik dan donasi sampah tersebut.

“Kami selaku perpanjangan tangan owner Hypermart siap menerapkan kegiatan pengurangan sampah plastik dengan kantung plastik berbayar dan tas ramah lingkungan serta rencana donasi sampah yang rencananya akan dilaksanakan 1 bulan sekali,” kata Deddy.

Harapannya dengan kegiatan ini menjadi implementasi atas program pengelolaan dan pengurangan sampah sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 11 Tahun 2019 Tentang JAKSTRADA, dimana di dalamnya memuat pasal perimbangan mengenai pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70% di tahun 2025, dan di dalamnya juga memuat tentang pengurangan sampah plastik.

Selain itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu menambah nilai sosial dan nilai ekonomi masyarakat dengan melaksanakan tukar sampah dengan sembako, serta kegiatan ini juga menjadi sarana edukasi kepada masyarakat dalam memilah sampah mulai dari rumah. (riyan/karlan08)