DKP Kobar Fasilitasi Dana Aspirasi DPR-RI Komisi IV untuk Bina KWT

Suasana rapat KWT P2L Penerima Manfaat Dana Aspirasi yang di koordinir oleh DKP Kobar, Rabu (19/8).

MMC Kobar- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan rapat bersama anggota kelompok Wanita Tani (KWT) Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan pendamping penerima manfaat dari Kelurahan Raja, Kelurahan Mendawai, Desa Sabuai, Desa Sabuai Timur, Kelurahan Madurejo dan Desa Kumpai Batu Bawah, Rabu (19/8).

Rapat ini digelar di aula DKP Kobar dalam rangka membahas kesiapan KWT P2L penerima manfaat dana aspirasi dari DPR-RI Komisi IV asal Kabupaten Kobar, Bambang Purwanto dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang digulirkan kepada 6 desa penerima manfaat yang ada di Kobar.

(Baca Juga : Komisi I DPRD Provinsi Kalteng Kunjungi Disdukcapil Kobar)

Pekarangan Pangan Lestari (P2L) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan, serta pendapatan.

Kepala DKP Kobar Kris Budi Hastuti di tempat terpisah mengatakan Kegiatan P2L dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanganan daerah prioritas intervensi stunting dan/atau penanganan prioritas daerah rentan rawan pangan.

“Pemantapan daerah tahan pangan dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur dan lahan kosong yang tidak produktif, sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga, serta berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Edy Johansyah mengatakan Kegiatan P2L hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya guna meningkatkan ketersediaan pangan yang beragam untuk rumah tangga, bergizi seimbang, dan aman serta berkesinambungan. (dkp Kobar)