Distan Gelar Konsultasi Publik Standar Pelayanan Bidang Pertanian Tahun 2023

Penandatanganan Berita Acara oleh perwakilan Peserta FKP

MMC Kobar - Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat (Distan) menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Tahun 2023 di Aula Bupati Kotawaringin Barat, Rabu (27/9). Acara dibuka dan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian didampingi pejabat lingkup Distan dan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah.  

Kegiatan juga dihadiri tamu undangan dari berbagai pihak terdiri dari dinas/instansi terkait, kecamatan, perwakilan kepala desa, gabungan kelompok tani, kelompok tani didampingi penyuluh pertanian, akademisi dari Untama Pangkalan Bun, perwakilan media, dan para stakeholder lainnya.

(Baca Juga : Usai Dilantik, Suyanto : RPJMD 2017-2021 Jadi Rujukan dan Target Kinerja)

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian Kris Budi Hastuti menyampaikan bahwa pelaksanaan FKP merupakan sarana informasi, untuk menggali saran dan masukan dari pemangku kepentingan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan publik.   

“Diselenggarakannya Forum Konsultasi Publik pada Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat saat ini bertujuan memberikan keterbukaan akses informasi kepada masyarakat, sehingga dalam sebuah pelayanan baik persyaratan, prosedur, biaya dan jangka waktu dapat diukur dan diketahui oleh pengguna layanan, masyarakat dan unsur terkait lainnya,” tutur Kris.

Foto bersama Perwakilan peserta FKP

Pada penyelenggaran FKP Tahun 2023 ini, dari total 26 standar pelayanan yang ada di Dinas Pertanian, sebanyak 9 standar pelayanan telah dipresentasikan kepada peserta. Diantaranya tentang layanan Fasilitasi Penyusunan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK) Pupuk bersubsidi, Penerbitan Surat Tanda Daftar Perkebunan, Layanan Bantuan Bibit Sayuran Mendukung Gerakan Gemar Bertanam, Layanan Pendampingan Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan, fasilitasi bantuan Hibah Alsintan, Fasilitasi Inseminasi Buatan, Layanan Kesehatan Hewan, Layanan Rumah Potong Hewan dan Pelayanan Pemasaran Hasil Komoditi Pertanian di UPT PPTU.

Dari diskusi interaktif pada FKP didapat informasi bahwa banyak peserta yang membutuhkan pendampingan dan pelatihan dari Dinas Pertanian seperti teknik pembuatan pupuk organik, teknik budi daya tanaman dan pendampingan pada kegiatan Gemar Bertanam di desa-desa. 

Pada kesempatan ini pula Dinas Pertanian menyatakan kesiapannya untuk melakukan pendampingan melalui Penyuluh pertanian yang ada di seluruh Kecamatan se Kobar. 

“Dinas Pertanian berterima kasih atas semua masukan dan saran sebagai langkah perbaikan pada layanan Dinas Pertanian pada forum ini juga. Memang harapannya kami bisa mendapat masukan yang bermanfaat dan membangun sebagai bahan rekomendasi penyusunan kebijakan di bidang pertanian selanjutnya,” tutur Kris.

Sebagai penutup, Kepala Bagian Organisasi melalui Pejabat Fungsional Analis SDM Aparatur, Andri Saputra, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya FKP Distan Tahun 2023. 

“Kami mengapresiasi terselenggaranya FKP Dinas Pertanian Tahun 2023 sebagai bagian dari reformasi birokrasi untuk meningkatkan pelayanan public. Beberapa saran masukan yang diperoleh dalam pertemuan agar segera ditindaklanjuti agar kebijakan yang ditetapkan sesuai dengan keinginan bersama,” ujar Andri. (Distankobar)

Foto bersama peserta FKP Distan Tahun 2023