Dispursip Kobar Terima Kunjungan Wisata Pustaka dari SDN 1 Raja

Kunjungan wisata pustaka dari SDN 1 Raja

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Selasa (30/4) menerima kunjungan wisata pustaka dari SDN 1 Raja Pangkalan Bun. Wisata pustaka merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh Dispursip Kobar.

Kunjungan ini disambut secara langsung oleh Pustakawan  Ahli Muda, Zokhratus Safhidah bersama Pustakawan Ahli Muda, Imelda N. Pakpahan dan Pengelola Bahan Pustaka, Ricka Ayu Roselin di halaman Dispursip Kobar.

(Baca Juga : Resosialiasi JKK dan JKM untuk Pemegang Program Layanan Level Pertama)

Pada kegiatan wisata pustaka ini, anak-anak dari SDN 1 Raja terdiri dari 2 rombongan belajar yaitu kelas 2 dan kelas 5 yang berjumlah 49 orang dan 2 guru pendamping disambut baik saat berkunjung oleh Tim Pustakawan. Siswa-siswi SDN 1 Raja sangat antusias saat datang ke Dispursip Kobar.

Sebelum kegiatan wisata pustaka di mulai, Pustakawan Ahli Muda, Imelda N.Pakpahan terlebih dahulu memberikan sosialisasi layanan perpustakaan dan keanggotaan perpustakaan kepada siswa-siswi SDN 1 Raja.

Sosialisasi Layanan dan Keanggotaan Perpustakaan

“Siswa-siswi SDN 1 Raja bisa memanfaatkan fasilitas layanan perpustakaan dan menjadi anggota perpustakaan, dimana layanan perpustakaan yang dimiliki oleh Dispursip Kobar gratis. Jam layanan perpustakaan buka setiap hari mulai pukul 07.30-20.00 WIB. Selain  itu, kita Dispursip Kobar juga memiliki layanan Pocadi (Pojok Baca Digital) yang berlokasi di Taman Kota Manis Pangkalan Bun,” terang Imelda.

Pustakawan Ahli Muda, Zokhratus Safhidah juga menambahkan, untuk menjadi anggota sangatlah mudah, cukup mengisi data-data yang diperlukan dalam formulir pendaftaran anggota. “Setelah menjadi anggota perpustakaan, bisa melakukan peminjaman koleksi buku sebanyak 2 eksemplar selama 1 minggu dan bisa diperpanjang masa pinjam nya sebanyak 3 kali,” jelas Safhidah.

Setelah diberikan sosialisasi, siswa-siswi SDN 1 Raja diajak berkeliling untuk melihat fasilitas-fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung perpustakaan (pemustaka) seperti ruang layanan sirkulasi, koleksi perpustakaan, ruang baca, ruang layanan anak,  ruang layanan bermain indoor dan alat peraga edukatif.

Setelah kegiatan wisata pustaka, siswa-siswi SDN 1 Raja diarahkan untuk membaca koleksi buku yang ada di ruang baca anak dan kemudian membuat resume koleksi.

Dispursip Kobar memiliki fungsi sebagai pusat sumber belajar melalui wisata pustaka. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mendorong tumbuhnya minat baca dan literasi pada anak-anak sejak usia dini. 

Diharapkan dengan adanya wisata pustaka dari SDN 1 Raja Pangkalan Bun, siswa-siswi bisa mengetahui keberadaan dan layanan yang ada serta bisa sering berkunjung ke perpustakaan dengan mengajak orang tuanya memanfaatkan fasilitas layanan yang ada di Dispursip Kobar.

Sesi Foto bersama SDN 1 Raja