Dispursip Kobar Terima Kunjungan Wisata Pustaka dari KB Lanud Angkasa Iskandar

Kegiatan Wisata Pustaka KB Angkasa Lanud Iskandar

MMC Kobar - Wisata pustaka merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Pada Rabu (29/2), Dispursip Kobar menerima kunjungan wisata pustaka dari Kelompok Belajar (KB) Angkasa Lanud Iskandar. Kunjungan ini juga dalam rangka mengenalkan kepada anak berbagai jenis buku serta mengalakkan gemar membaca kepada anak-anak sejak usia dini.

Kunjungan ini disambut secara langsung oleh Pustakawan Ahli Muda Zokhratus Safhidah,  Pustakawan Mahir Cicih Sri Wahyuni, Pengelola Bahan Pustaka Ricka Ayu Roselin, Tenaga Perpustakaan Linna Diana di halaman Dispursip Kobar.

(Baca Juga : Disbudpar Provinsi Kalteng Gelar Gerakan Aksi Sapta Pesona di Kobar)

Pada kegiatan wisata pustaka ini, anak-anak dari KB Angkasa Lanud Iskandar berjumlah 7 anak dan 2 guru pendamping disambut baik saat berkunjung oleh Tim Pustakawan. Anak-anak KB Angkasa Lanud Iskandar sangat antusias saat datang ke Dispursip Kobar.

Sembari anak-anak mengikuti kegiatan wisata pustaka, Zokhratus Safhidah menyampaikan sosialisasi kepada orang tua wali KB Angkasa Lanud Iskandar sebanyak 6 orang di ruang sirkulasi. 

Sosialisasi layanan perpustakaan kepada orang tua wali KB Angkasa Lanud Iskandar

“Orang tua bisa ajak anak-anak untuk berkunjung ke perpustakaan, dimana layanannya buka setiap hari dari hari Senin-Minggu pukul 07.30-20.00 WIB, kecuali hari libur nasional/hari besar tutup. Selain itu, anak-anak bisa jadi anggota perpustakaan dan bisa meminjam buku yang ada di ruang anak dan bisa memanfaatkan layanan yang ada,” terang Safhidah.

Anak KB Angkasa Lanud Iskandar diajak membuat kelinci dari kertas origami dan bermain di area ruang bermain anak. Adapun tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk melatih dan mengasah kemampuan saraf motorik halus anak, konsentrasi, kesabaran serta melatih koordinasi mata dan tangan pada anak. 

Setelah itu, anak-anak diajak senam penguin bersama di ruang anak. Kemudian anak-anak dipersilahkan untuk memanfaatkan Alat Peraga Edukatif (APE) yang dimiliki perpustakaan daerah, area bermain indoor serta membaca buku di ruang baca anak.

Dispursip Kobar memiliki fungsi sebagai pusat sumber belajar melalui wisata pustaka. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mendorong tumbuhnya minat baca dan literasi pada anak-anak sejak usia dini. 

Diharapkan dengan adanya wisata pustaka dari KB Angkasa Lanud Iskandar, anak-anak bisa mengetahui keberadaan dan layanan yang ada di Dispursip Kobar. Sehingga anak-anak bisa sering berkunjung ke perpustakaan dengan mengajak orang tuanya memanfaatkan fasilitas layanan yang ada di Dispursip Kobar.

(Foto bersama) Tim Pustakawan Dispursip Kobar dan KB Angkasa Lanud Iskandar