Dispursip Kobar Terima Kunjungan Kaji Banding Komis III DPRD Kabupaten Kotim

Kunjungan Kaji Banding dan Sharing dari Komis III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat menerima kunjungan kerja dari Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rabu (28/2/24). Dalam kunjungan ini, rombongan sebanyak 8 orang yang dipimpin oleh Ketua Komisi III DPRD Kotim Hj Mariani dan disambut langsung secara langsung oleh Kadispursip Kobar M.Rosihan Pribadi didampingi Plt Sekretaris dan Pejabat Eselon di ruang layanan sirkulasi.

Hj. Mariani menyampaikan maksud dari kunjungan ini adalah dalam rangka kegiatan kaji banding dan sharing serta melakukan koordinasi dan konsultasi terkait skala prioritas program perencanaan pembangunan tahun anggaran 2024. 

(Baca Juga : Tingkatkan Jumlah Sekolah Berbudaya Lingkungan, DLH Kobar Gelar Sosialisasi Adiwiyata)

“Kunjungan ini juga dalam rangka untuk memaksimalkan tugas dan fungsi DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah,” kata Hj Mariani.

Sharing bersama Komis III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur

Kadispursip Kobar, M.Rosihan Pribadi menyambut baik kunjungan tersebut. Rosihan menyampaikan bahwa untuk mewujudkan kegemaran membaca di perpustakaan, ada beberapa indikator sasaran kinerja utama yakni indeks kepuasan masyarakat, nilai tingkat kegemaran membaca dan indeks pembangunan literasi masyarakat. 

“Dalam meningkatkan kegemaran membaca masyarakat ada banyak faktor salah satunya melalui layanan perpustakaan, baik  layanan perpustakaan yang  ada di desa, kelurahan maupun Taman Bacaan Masyarakat,” ungkap Rosihan.

Lebih lanjut Rosihan menyampaikan, dalam pengembangan perpustakaan perlu adanya kreatifitas sebagai daya tarik masyarakat agar berkunjung kembali ke perpustakaan. Dispursip Kobar menurut Rosihan selalu meningkatkan layanan serta melakukan inovasi atau semacam terobosan dalam rangka mendekatkan masyarakat dan buku.

“Salah satunya adalah dengan inovasi pippalink (pinjam pakai pustaka keliling) dengan sasaran generasi z dengan bekerjasama dengan pihak kafe maupun dengan mengadakan kegiatan kelas berbagi di perpustakaan desa yang melibatkan masyarakat agar berkegiatan di perpustakaan,” terang Rosihan.

“Selain itu, Dispursip Kobar juga memiliki layanan ekstensi yakni pojok baca digital yang berlokasi di Taman Kota Manis,” imbuhnya. 

Selain itu Rosihan juga menyampaikan bahwa saat ini di Kabupaten Kotawaringin Barat juga telah menerapkan aplikasi e-Arsip Srikandi di semua OPD.

Rombongan Komisi III DPRD Kotim juga melakukan peninjauan ruang layanan perpustakaan dan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) yang berada di bawah pengelolaan Dispursip Kobar. Dalam peninjauannya, Ketua Komisi III DPRD Kotim diberikan penjelasan oleh Cici Saputri selaku Kabid Pembinaan dan Pengawasan Arsip tentang pengelolaan arsip statis maupun arsip vital dari Pemkab Kobar. 

Dispursip Kobar juga telah melakukan pengolahan dan penataan arsip yang berupa arsip statis dan arsip inaktif yang tersimpan di Gedung Depo Arsip serta melakukan pembinaan kearsipan di Desa/Kelurahan serta SKPD. 

Ketua Komisi III DPRD Kotim tertarik dengan inovasi yang dimiliki oleh Dispursip Kobar dan akan menindaklanjuti hasil kaji banding ini untuk disampaikan ke Dispursip Kotim untuk amati, tiru dan modifikasi layanan dan strategi perpustakaan dalam menghidupkan perpustakaan desa dengan mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat. 

Dengan kunjungan kaji banding dan sharing ini Rombongan DPRD Kotim terkesan dengan arsip statis, baik  berupa naskah maupun foto/video yang merupakan rekaman kegiatan Pemkab Kobar yang tersimpan dan terdokumen dengan rapi dan berharap nantinya di Kabupaten Kotawaringin Timur dapat meniru dan memodifikasi apa yang telah dilakukan oleh Dispursip Kobar.

Peninjauan Ruang Layanan Perpustakaan dan Arsip