Dispursip Kobar Kaji Tiru ke Dispursip Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta

Kaji Tiru di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman

MMC Kobar - Kamis (9/5) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan kunjungan kaji tiru ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta.

Kunjungan Kaji Tiru ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas dan kapasitas SDM serta pengembangan inovasi pelaksanaan program arsip dan membuka wawasan pengetahuan tentang kearsipan. Selain itu, kunjungan ini dillaksanakan sebagai perbandingan untuk kemajuan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) kabupaten Kotawaringin Barat.

(Baca Juga : Dipursip Kobar Gelar Pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan bagi Pengelola Perpustakaan Desa/Kelurahan)

Kunjungan dan Studi tiru dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 6 – 9 Mei 2024. Rombongan dipimpin secara langsung oleh Kadispursip Kobar, M. Rosihan Pribadi didampingi Kasubbag TU dan Pejabat Fungsional Arsiparis Ahli Muda dan Arsiparis Terampil Dispursip Kobar.

Sharing bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman

Pada Selasa (7/9) Tim Dispursip Kobar melakukan kunjungan kaji tiru ke Dispursip Sleman. Tim Dispursip Kobar disambut baik oleh Kadis Kabupaten Sleman, Abu Bakar bersama ASN Lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman.

Kadispusip Kobar M. Rosihan Pribadi mengucapkan terima kasih atas sambutan baik dari Dispursip Sleman. Selain itu, Tim Dispursip Kobar diajak berkeliling untuk melihat penataan dan pengelolaan arsip statis maupun inaktif serta melihat sarana prasana, depot arsip dan layanan kearsipan.

Sedangkan pada Rabu (8/9) Tim Dispursip Kobar melakukan kunjungan kaji tiru ke Dispursip Kota Yogyakarta. Tim Dispursip Kobar disambut secara oleh Kabid Perlindungan, Penyelamatan, Pembinaan dan Data Sistem Informasi Kearsipan, Gatot Sudarmanto bersama ASN di Lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta.

Secara umum kaji tiru dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat kegiatan-kegiatan yang mendukung tupoksi, baik di perpustakaan maupun kearsipan. Untuk saat ini, kaji tiru fokus pada kegiatan-kegiatan tentang Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) baik mengenai ketersediaan sarana prasarana, reservasi, akuisisi termasuk juga regulasi tentang kearsipan secara umum. 

Baik Dispursip Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta memang sudah dikenal mempunyai kinerja pengelolaan kearsipan yang baik dan selalu masuk dalam 3 besar nasional. Selain itu, tim Dispursip Kobar juga melihat kiat-kiat dan belajar trik maupun strategi e-Arsip Srikandi di Pemkab Sleman dan Pemkot Yogyakarta.

“Dengan kaji tiru ini, diharapkan bisa meningkatkan pengelolaan arsip statis maupun inaktif di Kabupaten Kotawaringin Barat dan dapat mengimplementasikan program kegiatan-kegiatan yang ada di Dispursip Kabupaten Sleman dan Dispursip Kota Yogyakarta,” ungkap Rosihan.

Sharing bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta