Dispursip Kobar Gelar FKP Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2023

Kegiatan Forum Konsultasi Publik Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2023

MMC Kobar - Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, wajib melibatkan peran serta masyarakat sebagai upaya membangun sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparan dan akuntabel. 

Salah satu wujud peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik adalah melalui Forum Konsultasi Publik (FKP) sebagai media komunikasi untuk menyampaikan masukan dan saran perbaikan bagi peningkatan kualitas pelayanan publik.

(Baca Juga : Groundbreaking Inovasi Pembiayaan Infrastruktur Jalan di Tengah Pandemi Covid-19)

Untuk itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Tahun 2023 di Aula Serbaguna lantai 2 pada Rabu (27/9).

Kegiatan ini dihadiri Asisten Administrasi Umum Setda Syahruddin dan Bagian Organisasi Setda Kobar. Kegiatan ini juga Inspektorat, Diskominfo, Dikbud , akademisi, pegiat literasi, Komunitas Read Aloud, duta baca Tahun 2022, pengelola perpustakaan desa/kelurahan dan pemustaka sebagai pengguna layanan perpustakaan.

Diskusi pada Kegiatan Forum Konsultasi Publik Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2023

FKP ini dibuka secara langsung oleh Kadispursip Kobar, M. Rosihan Pribadi. Dalam sambutannya, M.Rosihan Pribadi menjelaskan bahwa FKP ini adalah amanah dari Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di Lingkungan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik Di Lingkup Instansi Pemerintah.

“Maksud dan tujuan dialog/diskusi ini adalah untuk pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara pelayanan publik dengan publik. Kegiatan FKP Tahun 2023 ini merupakan lanjutan FKP tahun sebelumnya yakni standar pelayanan. Pada pelaksanaan FKP tahun 2023 ini, Dispursip Kobar mengambil topik/ materi Evaluasi unsur terendah SKM Semester II tahun 2022, Triwulan I dan II tahun 2023,” terang Rosihan.

Asisten Administrasi Umum Syahruddin menyampaikan, Dispursip Kobar diharapkan memperhatikan juga pemanfaatan IT menghadapi era digitalisasi, agar perpustakaan tetap menjadi rujukan pemustaka.

Sebagai penutup, Kepala Bagian Organisasi melalui Pejabat Fungsional Analis SDM Aparatur, Ahmad Effendi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya FKP Dispursip Kobar Tahun 2023. “Dispursip Kobar saat ini menjadi satu-satunya dinas yang mengangkat materi SKM,” ujar Ahmad Effendi.      

Kegiatan ini berjalan cukup baik dan lancar serta mendapat banyak saran dan masukan dari peserta FKP yang hadir. Adapun solusi yang dapat dilakukan Dispursip Kobar terkait evaluasi SKM yakni dengan pengadaan koleksi buku, peningkatan wifi/internet dan memperluas ruangan layanan dan titik-titik layanan outdoor

Dengan adanya FKP ini diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi Dispursip Kobar khususnya bidang perpustakaan untuk bisa meningkatkan nilai SKM di Tahun yang akan datang. (dispursip kobar)

Peserta Kegiatan Forum Konsultasi Publik Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2023